Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi)
Vol 5 No 2 (2021): Edisi Mei - Agustus 2021

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI BANK BJB KCP KIARACONDONG BANDUNG

Rena Nur Salehah (Unknown)
Zsabilla Zsafira (Unknown)
Hani Hatimatunnisani (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah di Bank BJB KCP Kiaracondong Bandung. Jumlah populasi diambil dari jumlah nasabah yang berkunjung periode 2020, dengan jumlah populasi 870 orang, lalu penulis menggunakan rumus Slovin untuk mengambil sampel menjadi 89,69 yang dibulatkan menjadi 90 orang untuk menjawab kuesioner. Menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan kualitas pelayanan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penlitian adalah uji validitas, uji koefisien korelasi, dan uji hipotesis yang diolah menggunakan SPSS V.21. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan dalam penelitian ini maka didapat thitung 7,083 > ttabel 2,07 hal ini membuktikan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Hasil Rsquare dengan pengolahan SPSS mendapatkan hasil sebesar 62,2% sedangkan sisanya sebesar 37,8% adalah variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mea

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (MEA) Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Bandung dimaksudkan sebagai media informasi dan forum pengkajian bidang ilmu Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Ekonomi. Jurnal ini berisikan ...