Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi)


MENGUNGKAP BLACK BOX KONSUMEN YANG MENDASARI PROSES KEPUTUSAN MEMBELI PAKAIAN DI MARKETPLACE

Setyawan, Iwan (Unknown)
Vrastika, Anis (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengungkap efek dari faktor budaya, sosial, personal, dan psikologis pada proses keputusan yang terjadi dalam kotak hitam konsumen ketika membeli pakaian di marketplace. Metode survei digunakan untuk mengumpulkan data dengan melibatkan 198 responden. Analisis data menggunakan first-order confirmatory, partial least squares SEM dengan bantuan software SmartPLS. Temuan dari penelitian yaitu proses keputusan konsumen saat membeli pakaian di marketplace hanya mempertimbangkan kesesuaian antara faktor sosial, personal, dan psikologis dengan pakaian yang akan dibelinya. Kesesuaian antara faktor personal dengan pakaian yang akan dibelinya sangat dipertimbangkan konsumen dalam proses keputusan, selanjutnya faktor psikologis dan faktor sosial. Sementara faktor budaya secara signifikan tidak memengaruhi proses keputusan membeli pakaian di marketplace.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mea

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (MEA) Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Bandung dimaksudkan sebagai media informasi dan forum pengkajian bidang ilmu Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Ekonomi. Jurnal ini berisikan ...