Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Kreatif Tadulako Online

Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Keragaman Sosial Budaya Berdasarkan Kenampakan Alam di kelas IV SDN Makarti Jaya Kecamatan Bahodopi Kabupaten Morowali

Juaria, Juaria ( FKIP UNTAD)
Firmansyah, Arif (Unknown)
Hasdin, Hasdin (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2014

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan  kelas yang dilaksanakan  di SDN Makarti Jaya, melibatkan 15 orang siswa terdiri atas 7 orang laki-laki dan 8 orang perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri atas dua siklus. Di mana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah guru jarang menggunakan media sehingga minat dan motivasi belajar siswa rendah akibatnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi keragaman sosial budaya berdasarkan kenampakan alam SDN Makarti Jaya belum tercapai secara optimal. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Makarti Jaya Kecamatan Bahodopi Kabupaten Morowali pada pokok bahasan tentang keragaman sosial budaya berdasarkan kenampakan alam dengan menggunakan media gambar. Model penelitian ini mengacu pada modifikasi spiral yang dicantumkan Kemmis dan Mc Taggart. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra tindakan diperoleh ketuntasan klasikal 33,33% dan daya serap klasikal 44%. Pada tindakan siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 40% dan daya serap klasikal 56% sedangkan pada tindakan siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 100% dan daya serap klasikal 83,33%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan nilai daya serap klasikal minimal 70% dan ketuntasan belajar klasikal minimal 80%. Berdasarkan nilai rata-rata daya serap klasikal dan ketuntasan belajar klasikal pada kegiatan pembelajaran siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPS di SDN Makarti Jaya. Kata Kunci: Penggunaan Media Gambar dan Peningkatan Hasil Belajar

Copyrights © 2014