Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi
Vol. 3 No. 1 (2023): April

ANALISIS TINGKAT KESEHATAN BANK SYARIAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE RISK-BASED BANK RATING (Studi Kasus BCA Syariah Tahun 2017-2021)

Zuraidah (Institut Agama Islam Negeri Kediri)
Khairul Wahid (INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesehatan bank syariah pada BCA Syariah dengan menggunakan metode Risk-based Bank Rating sesuai dengan POJK No. 8/POJK.03/2014 Tentang Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah. Bank diwajibkan untuk melakukan penilaian sendiri (self assessment) tingkat kesehatan bank menggunakan pendekatan risiko (Risk-based Bank Rating), dengan cakupan penilaian meliputi: Risk Profile (Profil Risiko), Good Corporate Governance (GCG), Earnings (Rentabilitas) dan Capital (Permodalan). Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Data yang diteliti merupakan data bersumber pada data sekunder laporan keuangan dan laporan pelaksanaan GCG pada BCA Syariah tahun 2017-2021. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan dan studi dokumentasi. Analisi data yang digunakan untuk mengetahui tingkat kesehatan bank dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan metode Risk-based Bank Rating. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kesehatan bank pada BCA Syariah dalam kurun waktu tahun 2017 hingga 2021 berada pada Peringkat Komposit 2 (PK-2) dalam kategori “Sehat”. Hal ini mencerminkan kondisi bank yang secara umum dalam kondisi sehat sehingga dinilai telah mampu menghadapi pengaruh negatif yang signifikan dan perubahan kondisi bisnis dan faktor eksternal lainnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jebaku

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi berfokus pada penerbitan artikel berkualitas tinggi yang didedikasikan untuk semua aspek Ekonomi Bisnis dan Akuntansi. pengaturan dan lintas tingkat. Jurnal ini memberikan ruang bagi para peneliti untuk berdiskusi, mengejar dan meningkatkan pengetahuan di bidang ...