PGRI-Science Education Media of Applied Research & Technology
Vol. 1 No. 2 (2021): P-SEMART Journal

Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Berdasarkan Kriteria Watson

Ahmad Hariz Muhibbuddin (STKIP PGRI Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis-jenis kesalahan dan faktor penyebab terjadinya kesalahan siswa dalam mengerjakan soal cerita matematika sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dengan kriteria Watson. Dalam penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode tes dan wawancara. Subjek tes sebanyak 17 siswa dan wawancara terhadap dua siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) jenis kesalahan yang terjadi menurut kriteria Watson antara lain: prosedur tidak tepat dengan tingkat kesalahan sebesar 23,53%, kesimpulan hilang 21,18%, konflik level respon 14,12%, manipulasi tidak langsung 8,24%, masalah hierarki ketrampilan 1,18%, dan selain ketujuh kategori 52,94%. (2) penyebab terjadinya kesalahan siswa antara lain : lupa tidak menuliskan kesimpulan, siswa kurang paham terhadap pertanyaan soal, kurangnya pemahaman siswa terhadap prosedur pengerjaan pada materi sistem persamaan dan pertidaksamaan linear, lupa rumus yang akan digunakan untuk menyelesaikan soal, siswa tidak belajar walaupun ada tes atau ulangan, dan kurang teliti dalam menyelesaikan soal.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

psemart

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

P-SEMART JOURNAL, PGRI-Science Education Media of Applied Research & Technology, is an open-access peer-reviewed research journal that is published by PGRI Provinsi Jawa Timur. It welcomes and acknowledges high-quality empirical original research papers about education written by researchers, ...