PGRI-Science Education Media of Applied Research & Technology
Vol. 1 No. 2 (2021): P-SEMART Journal

Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Make A Match Materi Relasi Siswa Kelas VIII

Bayu Dwi Manuggal (STKIP PGRI Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2021

Abstract

Model pembelajaran tipe make a match adalah model pembelajaran dengan cara mencari pasangan soal dengan jawaban yang tepat dan siswa yang sudah menemukan pasangannya sebelum batas waktu akan diberi poin. Peneliti menggunakan quantitative. Populasi penelitian ini. adalah siswa kelas VIII. Sampel yang peneliti ambil adalah empat siswa. Sampel dipilih berdasarkan saran dari dosen pembimbing. Penulis menggunakan beberapa instrument, adalah Observasi Aktivitas Guru, Observasi Aktivitas Siswa, Tes, dan Angket Respons Siswa. Data Hasil penelitian ini adalah : (1) Aktivitas guru dalam mengajar memperoleh kategori baik dengan rata-rata keseluruhan 3,6. (2) Aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung memperoleh secara keseluruan dengan persentase ≥ 61%. (3) Tes hasil belajar siswa mencapai ketuntasan klasikal yang diperoleh sebesar 100%. (4) Angket respons siswa terhadap pembelajaran dengan kategori kuat sebesar > 60%. Berdasarkan hasil Pengamatan tersebut maka dapat disimpulkan efektivitas model pembelajaran tipe make a match pada materi relasi dikatakan efektif

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

psemart

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

P-SEMART JOURNAL, PGRI-Science Education Media of Applied Research & Technology, is an open-access peer-reviewed research journal that is published by PGRI Provinsi Jawa Timur. It welcomes and acknowledges high-quality empirical original research papers about education written by researchers, ...