Model pembelajaran tipe make a match adalah model pembelajaran dengan cara mencari pasangan soal dengan jawaban yang tepat dan siswa yang sudah menemukan pasangannya sebelum batas waktu akan diberi poin. Peneliti menggunakan quantitative. Populasi penelitian ini. adalah siswa kelas VIII. Sampel yang peneliti ambil adalah empat siswa. Sampel dipilih berdasarkan saran dari dosen pembimbing. Penulis menggunakan beberapa instrument, adalah Observasi Aktivitas Guru, Observasi Aktivitas Siswa, Tes, dan Angket Respons Siswa. Data Hasil penelitian ini adalah : (1) Aktivitas guru dalam mengajar memperoleh kategori baik dengan rata-rata keseluruhan 3,6. (2) Aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung memperoleh secara keseluruan dengan persentase ≥ 61%. (3) Tes hasil belajar siswa mencapai ketuntasan klasikal yang diperoleh sebesar 100%. (4) Angket respons siswa terhadap pembelajaran dengan kategori kuat sebesar > 60%. Berdasarkan hasil Pengamatan tersebut maka dapat disimpulkan efektivitas model pembelajaran tipe make a match pada materi relasi dikatakan efektif
Copyrights © 2021