PGRI-Science Education Media of Applied Research & Technology
Vol. 1 No. 2 (2021): P-SEMART Journal

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Kemandirian Siswa Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Tema 6 Subtema 3 Kelas IV SD

Lina Marlina (STKIP PGRI Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2021

Abstract

Salah satu model yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran kooperatif tipe talking stick. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap kemandirian siswa pada tema 6 subtema 3 kelas IV SD. 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap prestasi belajar siswa pada tema 6 subtema 3 kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif dengan desain Quasi Experimental Design. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2020/2021 di SDN Entalsewu Buduran pada kelas IV. Untuk penentuan sampel yaitu dengan teknik Sampling Jenuh. Instrumen penelitian ini yaitu dengan observasi dan tes. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan uji validitas tes, uji prasyarat analisis data dan uji Hipotesis. Untuk uji validitas tes meliputi hasil validasi ahli, uji validitas tes, reliabilitas tes, dan tingkat kesukaran soal sedangkan uji prasyarat analisis data mengunakan uji Normalitas dan Homogenitas. Hasil analisis data menggunakan uji Anova One Way. Dilihat dari hasil perhitungan uji anova one way diperoleh hasil pengujian tukey HSD diketahui nilai sig. dari talking stick terhadap kemandirian siswa adalah sebesar 0,86 > 0,05 sedangkan nilai sig. dari talking stick terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 0,99 > 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima, maka terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap kemandirian siswa dan prestasi belajar siswa pada tema 6 subtema 3 pembelajaran 2 kelas IV SDN Entalsewu Buduran

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

psemart

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

P-SEMART JOURNAL, PGRI-Science Education Media of Applied Research & Technology, is an open-access peer-reviewed research journal that is published by PGRI Provinsi Jawa Timur. It welcomes and acknowledges high-quality empirical original research papers about education written by researchers, ...