PGRI-Science Education Media of Applied Research & Technology
Vol. 1 No. 3 (2021): P-SEMART Journal

Pengembangan Media Pembelajaran Explosion Box Subtema Energi Alternatif untuk Melatih Keterampilan Berpikir Siswa

Friska Damayanti (STKIP PGRI Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan yang ada di kelas III SD Negeri Kemiri. Siswa kurang bisa memahami materi yang dipelajari sehingga kemampuan berpikir siswa masih kurang. Dari permasalahan tersebut, peneliti ingin mengembangkan suatu media pembelajaran Explosion Box yang akan menjadi solusi penyemangat siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini betujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Explosion Box untuk melatih keterampilan berpikir siswa dan menilai kelayakan media pembelajaran tersebut agar dapat digunakan sebagai media pembelajaran di SD. Penelitian ini menggunakan penelitian (research and development) dari Sugiyono yang melalui tujuh tahap antara lain: 1) analisis potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, dan 7) revisi produk. Uji coba media pembelajaran dilaksanakan di rumah peneliti pada siswa kelas III SD dengan total responden sejumlah 12 siswa, 6 siswa kelas eksperimen dan 6 siswa kelas kontrol. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Explosion Box mendapat penilaian dari aspek kelayakan materi sebesar 89%. dan penilaian aspek kelayakan media sebesar 90%. Nilai keefektifan media pembelajaran sebesar 79,8%. Sedangkan, nilai respon guru sebesar 92,8%, dan nilai respon siswa sebesar 96%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Explosion Box layak digunakan dalam pembelajaran di SD.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

psemart

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

P-SEMART JOURNAL, PGRI-Science Education Media of Applied Research & Technology, is an open-access peer-reviewed research journal that is published by PGRI Provinsi Jawa Timur. It welcomes and acknowledges high-quality empirical original research papers about education written by researchers, ...