PGRI-Science Education Media of Applied Research & Technology
Vol. 1 No. 3 (2021): P-SEMART Journal

Pengembangan Modul Stiker untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Irvina Dwi Anggraeni (STKIP PGRI Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2021

Abstract

Berpikir kritis adalah suatu proses internal yang bisa dilakukan oleh individu secara sadar dan melalui beberapa tahapan dalam memproses suatu informasi guna memecahkan masalah di kehidupan sehari-hari, dengan melatih kemampuan berpikir krtis maka siswa akan dapat berpikir secara logis atau ilmiah terkait masalah yang dihadapi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul stiker yang dapat melatihkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan Research and Developmet yang terdiri dari tahap potensi dan masalah, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan uji pemakaian produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah validasi ahli, observasi, tes hasil belajar (pre-test dan post-test), respon siswa. Dengan prosedur penelitian terbagi menjadi tiga tahap yaitu tahap persiapan, pelaksanaa, dan tahap akhir. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap pada tanggal 14 Maret sampai 9 April 2020 dengan subjek penelitian yaitu siswa sekolah dasar kelas V SDN Gamping 2 sebanyak 11 siswa yang terbagi menjadi tahap uji coba dan uji pemakaian. Dari proses validasi oleh ahli modul dan ahli materi memperoleh hasil sebesar 4,21 dengan kategori sangat valid dan dinyatakan layak untuk dijadikan bahan ajar. Keefektifan modul dinilai dari hasil belajar dan keaktifan siswa selama mengikuti pembelajaran menggunkan modul stiker. Hasil belajar siswa sebesar 80% sampai 83,33% sehingga perkembangan kemampuan berpikir kritis siswa meningkat sebesar 25% sampai 65% dan keaktifan siswa sebesar 80,46% sampai 82,07%. Sementara respon siswa terhadap modul stiker mencapai 96,67% dengan kategori sangat positif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

psemart

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

P-SEMART JOURNAL, PGRI-Science Education Media of Applied Research & Technology, is an open-access peer-reviewed research journal that is published by PGRI Provinsi Jawa Timur. It welcomes and acknowledges high-quality empirical original research papers about education written by researchers, ...