Jurnal Bisnis Kompetitif
Vol 1 No 1 (2022)

FENOMENA BAURAN PEMASARAN JASA BISNIS RUMAH SAKIT

Hadiyati Hadiyati (Universitas Lancang Kuning)
T. Ridho Nanda Cahyadi (Universitas Lancang Kuning)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2022

Abstract

Abstrak: Bisnis rumah sakit semakin marak dewasa ini, selain memang suatu kebutuhan, rumah sakit juga menjadi sebuah trend perbaikan kualitas kehidupan masyarakat. Namun perlu diketahui pada bisnis kesehatan ini perlu diketahui dengan cermat fenomena bauran pemasaran seperti apa yang terjadi. Hal ini agar dapat diantisipasi layanan ke arah yang lebih baik. Menggunakan metode deskriptif dengan survey kepada 400 orang pasien rumah sakit di Propinsi Riau menunjukkan hasil fenomena bauran pemasaran jasa rumah sakit masuk dalam kategori cukup baik menuju baik. Dimana rumah sakit sudah menyiapkan bauran pemasaran jasa rumah sakit pada pasien rawat jalan sudah cukup memadai. Dari tujuh dimensi jawaban tertinggi adalah pada price yakni tarif pelayanan rawat jalan yang diterapkan pada rumah sakit terjangkau dan juga tingkat persaingan harga dengan rumah sakit lain terasa oleh pasien. Sedangkan dimensi paling rendah dari bauran pemasaran jasa rumah sakit adalah terletak pada produk dimana jaminan kualitas pada pelayanan rawat jalan masih belum optimal dan juga variasi bentuk pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan pasien rawat jalan juga masih belum tersedia. Kata Kunci: Bauran Pemasaran Jasa, Bisnis Rumah Sakit

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bisniskompetif

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Bisnis Kompetif diterbitkan oleh Komunitas Manajemen Kompetitif. Jurnal ini diterbitkan tiga kali pada bulan Maret, Juli dan Nopember. Ini berisi artikel-artikel seperti karya ilmiah (riset dan non-penelitian), studi analitis, aplikasi teoritis dan ulasan masalah bisnis. Penerbitan jurnal ini ...