cover
Contact Name
Fatkhurahman
Contact Email
fatkhurahmanq8@gmail.com
Phone
+6285265497158
Journal Mail Official
idelwaldelmi@unilak.ac.id
Editorial Address
Jln. Suka Karya No 125 , Pekanbaru, Riau 28299
Location
,
INDONESIA
Jurnal Bisnis Kompetitif
ISSN : -     EISSN : 28295277     DOI : https://doi.org/10.35446/bisniskompetif.v1i3.1194
Core Subject : Social,
Jurnal Bisnis Kompetif diterbitkan oleh Komunitas Manajemen Kompetitif. Jurnal ini diterbitkan tiga kali pada bulan Maret, Juli dan Nopember. Ini berisi artikel-artikel seperti karya ilmiah (riset dan non-penelitian), studi analitis, aplikasi teoritis dan ulasan masalah bisnis. Penerbitan jurnal ini bertujuan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas serta penyebarannya dengan ilmu di kalangan intelektual, praktisi, mahasiswa dan pemerhati masalah bisnis.
Articles 59 Documents
PENGEMBANGAN JIWA KEWIRAUSAHAAN: MEMAHAMI DAMPAK DAYA SAING TERHADAP PRESTASI BERWIRAUSAHA IKM DI KOTA PEKANBARU Fatkhurahman Fatkhurahman; Habib Imaludin
Jurnal Ekonomi Bisnis Kompetif Vol 1 No 1 (2022)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.971 KB)

Abstract

Penelitian selama ini lebih mengarah pengembangan soft skill dalam bentuk jiwa kewirausahaan lebih mengarah kepada generasi muda dan dunia pendidikan. Namun masih sedikit sekali kajian membahas pengembanga jiwa kewirausahaan pada generasi pelaku dalam arti pelaku usaha yang langsung belajar dari pengalaman mereka untuk mendapatkan pendapatan guna memenuhi kebutuhan hidup rumah tangga. Menggunakan metode kuantitatif dan data dikumpulkan dengan menggunakna kuesioner kepada 100 orang pelaku usaha industri kecil di Kota Pekanbaru dan data dianalisis dengan menggunakan regresi linier sederhaa. Hasil penelitian yang lebih fokus pada pelaku dunia usaha dalam mengembangkan soft skill nya, sejauhmana hal ini memberikan dampak pada prestasi berwirausaha mereka. berdasarkan hasil uraian di atas, maka dapat disimpulkan variabel pengembangan jiwa kewirausahaan dalam bentuk daya saing pelaku usaha berpengaruh positif dan sigifikan terhadap prestasi berwirausaha pelaku usaha kecil di kota Pekanbaru. Keywords: Jiwa Kewirausahaan, Daya Saing, Prestasi Berwirausaha
FENOMENA BAURAN PEMASARAN JASA BISNIS RUMAH SAKIT Hadiyati Hadiyati; T. Ridho Nanda Cahyadi
Jurnal Ekonomi Bisnis Kompetif Vol 1 No 1 (2022)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (366.044 KB)

Abstract

Abstrak: Bisnis rumah sakit semakin marak dewasa ini, selain memang suatu kebutuhan, rumah sakit juga menjadi sebuah trend perbaikan kualitas kehidupan masyarakat. Namun perlu diketahui pada bisnis kesehatan ini perlu diketahui dengan cermat fenomena bauran pemasaran seperti apa yang terjadi. Hal ini agar dapat diantisipasi layanan ke arah yang lebih baik. Menggunakan metode deskriptif dengan survey kepada 400 orang pasien rumah sakit di Propinsi Riau menunjukkan hasil fenomena bauran pemasaran jasa rumah sakit masuk dalam kategori cukup baik menuju baik. Dimana rumah sakit sudah menyiapkan bauran pemasaran jasa rumah sakit pada pasien rawat jalan sudah cukup memadai. Dari tujuh dimensi jawaban tertinggi adalah pada price yakni tarif pelayanan rawat jalan yang diterapkan pada rumah sakit terjangkau dan juga tingkat persaingan harga dengan rumah sakit lain terasa oleh pasien. Sedangkan dimensi paling rendah dari bauran pemasaran jasa rumah sakit adalah terletak pada produk dimana jaminan kualitas pada pelayanan rawat jalan masih belum optimal dan juga variasi bentuk pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan pasien rawat jalan juga masih belum tersedia. Kata Kunci: Bauran Pemasaran Jasa, Bisnis Rumah Sakit
MODEL PEMBERIAN KOMPENSASI PADA BISNIS PENDIDIKAN Novita Novita
Jurnal Ekonomi Bisnis Kompetif Vol 1 No 1 (2022)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (113.21 KB)

Abstract

Abstrak: Bisnis pendidikan menjadi bagian penting dan kemajuan suatu bangsa karena membangun sumber daya manusia menjadikan daya saing bangsa. Namun persoalan yang dirasakan karyawan masih bermasalah dalam pemberian kompensasi khususnya bagi tenaga kependidikan yang mem berikan layanan kepada mahasiswa. Melalui penelitian kuantitatif dengan sampel yang digunakan sebanyak 76 orang yang diambil secara purposive dan menggunakan kuesioner serta data dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda, Diperoleh hasil penelitian bahwa model pemberian kompensasi pada bisnis pendidikan yang dilihat pada perguruan tinggi lebih disebabkan oleh faktor budaya orgaanisasi, dimana hal kebiasaan bukan berdasarkan standar kebijakan pemerintah. Kompetensi karyawan tidak memberikan pengaruh yang signifikan karena tidak menjadi standar dalam melakukan rekrutmen tenaga kependidikan. Kata Kunci: Pemberian Kompensasi, Budaya Organisasi, Kompetensi
PARTISIPASI ANGGOTA DALAM MENDORONG KINERJA PENGURUS KUD Risman Risman
Jurnal Ekonomi Bisnis Kompetif Vol 1 No 1 (2022)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.505 KB)

Abstract

Abstrak Pengembangan dan pemberdayaan Koperasi dalam suatu kebijakan Perkoperasian harus mencerminkan nilai dan prinsip Koperasi sebagai wadah usaha bersama untuk memenuhi aspirasi dan kebutuhan ekonomi Anggota sehingga tumbuh menjadi kuat, sehat, mandiri, dan tangguh dalam menghadapi perkembangan ekonomi nasional dan global yang semakin dinamis dan penuh tantangan. Pentingnya pengurus dalam mencapai kinerja KUD menjadi sebuah tanda tanya, apakah perlu partisipasi dari anggota untuk mencapai keberhasilan koperasi. Melalui jenis penelitian kuantitatif dengan sampel anggota koperasi sebanyak 93 oang dan data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner serta dianalisis dengan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terbukti partisipasi anggota berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pengurus KUD, dimaa melalui partisipasi dalam mengikuti rapat anggota tahunan dan memberikan masukan dalam perbaikan KUD serta aktif dalam membayar iuran sukarela akan mendorong KUD berkinerja baik. Kata Kunci: Partisipasi Anggota, Kinerja Pengurus KUD
PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT.ARARA ABADI SINARMAS FORESTRY Dewi Dewi; Hardi Hardi; Idel Waldelmi
Jurnal Ekonomi Bisnis Kompetif Vol 1 No 1 (2022)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (369.649 KB)

Abstract

Business companies engaged in manufacture must be able to compete fiercely in marketing their products. The employee performance factors are important points that had to be considered by the company. Employee performance is measured by work quality, quantity, accuracy, effectiveness, independence, and commitment to work. Employee performance is closely related to work motivation and discipline, so to produce good performance requires motivation and work discipline. The type of data used in this research is quantitative data. Data mining is carried out by distributing questionnaires, field observations, and collecting documents or archives. The population in this study were 1460 employees of PT. Arara Abadi Sinarmas Forestry. The research sample was 314 respondents who were calculated using Slovin's formula. The sampling technique used is random sampling. From the results of this study, it can be concluded that, 1) work of motivation affects the performance of the employees of PT. Arara Abadi Sinarmas Forestry; 2) work discipline affects the performance of the employees of PT. Arara Abadi Sinarmas Forestry; 3) motivation and work discipline simultaneously influence the performance of employees of PT. Arara Abadi Sinarmas Forestry. Keywords: Work Motivation, Work Discipline, and Employee Performance
PENGARUH PENGARUH HARGA CABAI RAWIT, HARGA BAWANG MERAH, DAN HARGA DAGING SAPI TERHADAP INFLASI Tenti Herawati Adi Saputri; Muhammad Reza Al Malik; Rachma Rizkiyah Arliati; Reynaldi Tomasoa; Dwiriyadi Dwiriyadi; Thuzahra Ananda Adifati
Jurnal Ekonomi Bisnis Kompetif Vol 1 No 2 (2022)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.559 KB) | DOI: 10.35446/bisniskompetif.v1i2.970

Abstract

Penelitian ini bertujuan Menganalisis pengaruh kenaikan Harga Cabai Rawit, Harga Bawang Merah, dan Harga Daging Sapi terhadap inflasi pada tahun 2018 – 2020. Metode analisis yang dipakai dalam penelitian ini yaitu metode analisis validitas reabilitas dan uji regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS versi 25, pengujian dilakukan dengan menggunakan uji asumsi klasik, seperti uji normalitas, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, uji F (simultan), dan uji t (parsial). Hasil Uji autokorelasi menunjukan pengaruh harga cabai rawit, harga bawang merah, harga daging sapi terhadap inflasi tidak mengandung autokorelasi.
PENGARUH MOTIVASI TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA KOPERASI UNIT DESA “BANGUN DESA” KECAMATAN TAPUNG HILIR KABUPATEN KAMPAR Panca Adi Cahyono; Wandi Nur Ikhsan
Jurnal Ekonomi Bisnis Kompetif Vol 1 No 2 (2022)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (305.578 KB) | DOI: 10.35446/bisniskompetif.v1i2.971

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap prestasi kerja karyawan pada Koperasi Unit Desa “Bangun Desa”. Sample dalam penelitian ini adalah karyawan Koperasi Unit Desa “Bangun Desa” yang berjumlah 39 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampel total atau teknik sensus. Sedangkan variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah motivasi dan prestasi kerja. Analisis data menggunakan metode regresi linear sederhana dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, heteroskedastisitas, uji t dan uji R2. Pengujian tersebut dilakukan guna mengetahui hubungan antara variabel bebas (indipenden variabel) dengan variabel terikat (dependen variabel). Kesimpulan akhir penelitian ini adalah pada variabel motivasi berpengaruh terhadap prestasi kerja karyawan pada Koperasi Unit Desa “Bangun Desa” dapat dilihat dengan hasil R-Square (koefisien determinasi) sebesar 55,8% sedangkan sisahnya dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel dalam penelitian ini. Hasil uji t dapat diperoleh dari data olahan yakni t hitung 6,837 sedangkan t tabel 2,026 berarti t hitung > t tabel dan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Secara parsial variabel motivasi berpengaruh terhadap prestasi kerja karyawan pada Koperasi Unit Desa “Bangun Desa”. Hasil persamaan regresi linear sederhana adalah Y = 18,652 + 0,644X.
ANALISIS INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) PADA KANTOR CAMAT RENGAT KABUPATEN INDRAGIRI HULU Warnadi Warnadi; Muhklas Adi Putra
Jurnal Ekonomi Bisnis Kompetif Vol 1 No 2 (2022)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (89.228 KB) | DOI: 10.35446/bisniskompetif.v1i2.973

Abstract

Pemerintah sebagai penyedia layanan publik bertanggung jawab dan terus berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Permasalahan pada Kantor Camat Rengat Kabupaten Indragiri Hulu yang menjadi fokus utama dalam penelitian ini adalah Pelayanan yang diberikan secara umum belum memuaskan masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat berdasarkan kepuasan masyarakat menunjukkan pelayanannya pada kualitas yang cukup baik dikarenakan kinerja pelayanan pada Kantor Camat Rengat secara keseluruhan berada pada kategori yang cukup memuaskan bagi masyarakat sebagai penerima layanan. Dan Kantor Camat Rengat Kabupaten Indragiri Hulu juga dipandang perlu untuk terus selalu melakukan peningkatan pelayanan agar masyarakat mendapatkan pelayanan yang berkualitas.
PENGARUH INOVASI DAN KREATIFITAS TERHADAP KINERJA USAHA PELAKU UMKM KULINER DI KOTA PEKANBARU Nurul Sukriani
Jurnal Ekonomi Bisnis Kompetif Vol 1 No 2 (2022)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.002 KB) | DOI: 10.35446/bisniskompetif.v1i2.998

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh inovasi dan kreatifitas terhadap Kinerja Usaha Pelaku UMKM Kuliner di Kota Pekanbaru. Metode analisis data yang digunakan adalah kuantitatif. Sumber data menggunakan primer dan sekunder berupa angket dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM bidang Kuliner di kotaPekanbaru. Untuk populasi dan sampel karena jumlah populasi tidak diketahui secara pasti, maka menggunakan rumus dengan metode Wibisono dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 97 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara Inovasi dan Kreatifitas terhadap Kinerja Usaha Pelaku UMKM Kuliner di Kota Pekanbaru. Secara parsial juga ditemukan pengaruh Inovasi dan Kreatifitas terhadap Kinerja Usaha Pelaku UMKM Kuliner di Kota Pekanbaru.
ANALISIS PERSEPSI PROMOSI GRATIS ONGKOS KIRIM (ONGKIR) SHOPEE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN Nurul Istikomah; Budi Hartono
Jurnal Ekonomi Bisnis Kompetif Vol 1 No 2 (2022)
Publisher : Komunitas Manajemen Kompetitif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.294 KB) | DOI: 10.35446/bisniskompetif.v1i2.1011

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pengaruh promosi gratis ongkos kirim Shopee terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan menggunakan wawancara. Responden dipilih dengan menggunakan metode Snowball Sampling. Penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dalam proses analisis data. Penelitian ini menjawab bahwa promosi gratis ongkos kirim Shopee berpengaruh terhadap keputusan pembelian dimana persepsi pembeli dengan adanya promo gratis ongkos kirim dapat lebih menghemat pengeluaran sehingga lebih antusias untuk membeli atau bertransaksi dengan aplikasi tersebut. Hasil penelitian ini juga mendukung teori Kotler dan Armstrong bahwa promosi dan harga mempengaruhi keputusan pembelian yang didukung oleh indikator-indikator seperti periklanan, personal selling, promosi penjualan, publisitas, keterjangkauan harga, harga sesuai produk, harga sesuai manfaat. , harga yang terjangkau. mampu bersaing dengan perusahaan lain sehingga dapat mempengaruhi keputusan pembelian sesuai dengan indikator pilihan produk, merek, dan lain-lain