Penelitian ini membahas tentang bagaimana hasil dari perubahan perilaku penggemar BTS secara verbal maupun non verbal dan dampak positif dan negatif yang terjadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perubahan perilaku penggemar BTS secara verbal maupun non verbal dan apakah ada dampak positif dan negatif. Penelitian ini menggunakan teori uses an effect dan teori budaya populer (popular culture theory). Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu wawancara mendalam dan observasi dengan penggemar BTS yaitu anggota Komunitas Army Medan Borahae yang terdiri dari 6 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa efek K-Pop terjadi pada perilaku penggemar BTS yaitu lebih mencintai diri sendiri, lebih percaya diri, tidak mudah menyerah dan lebih berani mengambil keputusan. Dan dampak yang terjadi dari menyukai K-Pop BTS ini adalah dampak positif seperti kehidupan lebih banyak berubah setelah kenal BTS, pola hidup lebih sehat karena sering melihat gaya hidup dari idolanya. Adapun dampak negatif nya yaitu ada yang lebih menyukai musik k-pop dibanding musik Indoensia dan para penggemar mengaku sudah cukup banyak menghabiskan uang untuk membeli barang official BTS.
Copyrights © 2022