BIOMA : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya
Vol 4 No 2 (2022): BIOMA: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA BIOLOGI UNIVERSITAS SULAWESI BARAT

Mesra Damayanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah kimia mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa biologi angkatan 2019. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan terpilih kelas biologi A sebagai eksperimen dan kelas biologi B sebagai kontrol. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan analisis SPSS 20. Nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah kimia peserta didik pada kelas yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan konvensioanl yaitu 83,43 dan 79,67. Hasil analisis statistik inferensial diperoleh nilai nilai koefisien t hitung < t table yaitu 8,6519 2,0211, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemamapuan pemecahan masalah kimia mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bioma

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology

Description

BIOMA : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya diterbitkan oleh  Universitas Sulawesi Barat. Terbit dua kali dalam setahun (Juni dan Desember) dengan tujuan sebagai media komunikasi ilmiah bidang Biologi dan pembelajarannya yang diangkat dari hasil penelitian atau studi literature. Redaksi menerima ...