Kode : Jurnal Bahasa
Vol 11, No 4 (2022): Kode: Edisi Desember 2022

Peningkatan Kemampuan Berbahasa Indonesia Melalui Metode Bercerita di SMP YPK Gloria International

Anju Betrand Tiara Ningsih Tampubolon (Universitas Prima Indonesia)
Meilysa Vilia Tarigan (Universitas Prima Indonesia)
Wahyu Ningsih (Universitas Prima Indonesia)
Masithah Mahsa (Universitas Malikuhssaleh)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan metode bercerita. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah seluruh Siswa-siswi di SMP YPK Gloria International. Dalam penelitian ini mengambil tiga kali tindakan siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan berbahasa anak Mencapai 86,5% berdasarkan hasil evaluasi Prasiklus, siklus I dan II. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi berperan aktif, dan mencatat dokumen. Siklus 1 pembelajaran tidak berhasil, indikatornya adalah (1) pasifnya siswa dalam mengikuti pembelajaran, (2) pembelajaran masih berpusat pada guru, dan (3) alokasi waktu yang ditentukan tidak digunakan dengan baik (tidak efektif). Kendala ini menjadi acuan dalam tindakan peningkatan dalam siklus berikutnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kjb

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Kode adalah jurnal yang dikelola oleh Prodi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember. Aspek kajian jurnal ini berisi tentang hasil penelitian dan ...