Empowerment Jurnal Mahasiswa Psikologi Universitas Buana Perjuangan Karawang
Vol. 1 No. 3 (2021): Empowerment Jurnal Mahasiswa Psikologi Universitas Buana Perjuangan Karawang

PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BIMBINGAN BELAJAR ONLINE RUANG GURU DI SMAN 1 BANYUSARI KARAWANG

Siti Sulikah (Unknown)
Lania Muharsih (Unknown)
Marhisar Simatupang (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2022

Abstract

Revolusi industri 4.0 berdampak pada dunia pendidikan di Indonesia, sehingga pembelajaran dapat dilakukan dengan berbagai media teknologi. Saat ini seluruh dunia termasuk Indonesia sedang menghadapi pandemi Covid-19 sehingga pembelajaran harus dilakukan dalam jaringan (daring). Fakta menunjukkan bahwa di masa pandemi kenaikan keputusan pembelian pengguna bimbingan belajar online Ruangguru meningkat tinggi, salah satu faktor yang memengaruhi keputusan pembelian adalah citra merek. Keputusan pembelian dalam penelitian ini sebagai variabel dependen dan citra merek sebagai variabel independen. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna Ruangguru SMAN 1 Banyusari Karawang sebanyak 317 siswa yang diambil sampelnya sebanyak 176 siswa. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung 9,494>1,973 ttabel dengan nilai signifikansi 0,000<0,05 yang artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Nilai R square diperoleh sebesar 0,341 yang artinya pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian sebesar 34,1% sedangkan sisanya 65,9% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. The industrial revolution 4.0 has an impact on the world of education in Indonesia, so learning can be done with various technological media. Currently, the whole world, including Indonesia, is facing the Covid-19 pandemic, so learning must be done online. The fact shows that during the pandemic, the purchase decision of Ruangguru online tutoring users has increased significantly, one of the factors that influence purchasing decisions is brand image. Purchase decisions in this study as the dependent variable and brand image as the independent variable. The population in this study were the users of Ruangguru SMAN 1 Banyusari Karawang as many as 317 students and 176 students were taken as samples. The results of the research conducted indicate that brand image has an effect on purchasing decisions with a tcount of 9.494>1.973 t table with a significance value of 0.000<0.05, which means Ha is accepted and H0 is rejected. The value of R square obtained is 0.341, which means that the influence of brand image on purchasing decisions is 34.1% while the remaining 65.9% is influenced by other variables not included in this study.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Empowerment

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Secara garis besar jurnal empowerment bertujuan untuk membangkitkan semangat dan motivasi mahasiswa-dosen dalam melakukan publikasi artikel ilmiah secara bersama di Fakultas Psikologi Universitas Buana Perjuangan Karawang. Metode yang digunakan untuk meningkatkan semangat dan motivasi mahasiswa ...