Happiness : Journal of Psychology and Islamic Science
Vol. 2 No. 2 (2018)

Analisis Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi Berdasarkan Index For Inclusion

Retno Sulistiyaningsih (Unknown)
Muryantinah Mulyo Handayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyelenggaraan pendidikan inklusi menggunakan indikator Index for Inclusion yang meliputi dimensi budaya, kebijakan, dan praktik. Definisi pendidikan inklusi merujuk kepada Permendiknas No 70 Tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusi yang dianalisis menggunakan perspektif Index for Inclusion dari Booth & Ainscow (2002). Penelitian ini berfokus di SD YBPK Semampir Kota Kediri. Peneliti menggunakan tipe studi kasus untuk mengetahui isu terkait penyelenggaraan pendidikan inklusi secara lebih mendalam. Informan dalam penelitian ini adalah guru, siswa, dan orang tua siswa SD YBPK Semampir Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan tipe analisis tematik. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa penyelenggaraan pendidikan inklusi telah memenuhi seluruh indikator dalam tiga dimensi Index for Inclusion, yaitu dimensi budaya, kebijakan, dan praktik. Akan tetapi dalam penyelenggaraannya, ada beberapa indicator pada masing-masing dimensi ndex for nclusion yang perlu dikembangkan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

happiness

Publisher

Subject

Religion Environmental Science Public Health Social Sciences Other

Description

Jurnal Happines, Journal of Psychology and Islamic Science is a journal publishes research report and scientific papers in psychology, Islamic psychology and/or related sciences with the aim to advance science, knowledge, and theory of psychology and Islamic psychology. This journal is published by ...