cover
Contact Name
Arisa Rahmawati Zakiyah
Contact Email
arisazakia@iainkediri.ac.id
Phone
+628113341870
Journal Mail Official
happiness@iainkediri.ac.id
Editorial Address
Office Address at Jln. Sunan Ampel No. 7, Ngronggo, Kota Kediri, Provinsi Jawa Timur, Indonesia
Location
Kota kediri,
Jawa timur
INDONESIA
Happiness : Journal of Psychology and Islamic Science
ISSN : 25800671     EISSN : 29635764     DOI : https://doi.org/10.30762/happiness
Jurnal Happines, Journal of Psychology and Islamic Science is a journal publishes research report and scientific papers in psychology, Islamic psychology and/or related sciences with the aim to advance science, knowledge, and theory of psychology and Islamic psychology. This journal is published by IAIN Kediri and managed by the Program Studi Psikologi Islam at the Fakultas Ushuluddin dan Dakwah.
Articles 81 Documents
Penyesuaian Diri Keluarga Penderita Bipolar Di Rumah Sakit Bhayangkara Kota Kediri Lailatul Nurush Sholikah; Sardjuningsih; Tatik Imadatus Sa’adati
Happiness (Journal of Psychology and Islamic Science) Vol. 1 No. 1 (2017)
Publisher : Program Studi Psikologi Islam (IAIN) Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.919 KB) | DOI: 10.30762/happiness.v1i1.323

Abstract

Setiap manusia yang hidup pasti menginginkan kehidupan yang harmonis, yang sesuai dengan harapannya, namun masalah masalah pribadi dan sosial semakin bertambah seiring kemajuan zaman. Belum lagi jika memiliki anggota keluarga dengan gangguan jiwa, tentu akan sangat mempengaruhi kondisi fisik dan mental orang yang merawatnya di rumah. Hal ini akan mempengaruhi kemampuan orang tersebut dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui penyesuaian diri keluarga penderita Bipolar Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dari penelitian ini sebanyak 3 orang dari anggota keluarga dengan gangguan bipolar yang beralamat di daerah kota Kediri dan direkomendasikan dari pihak Rumah Sakit Bhayangkara. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini memberikan gambaran mengenai tiga orang yang memiliki anggota keluarga dengan gangguan bipolar di Rumah Sakit Bhayangkara Kota Kediri. Semua subjek yang memiliki keluarga dengan gangguan bipolar sempat mengalami kendala dalam menyesuaikan diri. Namun, penerimaan akan kondisi yang ada, dukungan saudara dan tetangga, serta kemajuan yang ditunjukkan oleh keluarga mereka membantu mereka dalam proses menyesuaikan diri dengan lingkungan.
Efektifitas Terapi Kognitif Perilaku Dalam Kelompok Untuk Menurunkan Depresi Narapidana Wanita Di Lapas Klas Iia Muaro Padang Dwi Puspasari; Fitria Rahmi
Happiness (Journal of Psychology and Islamic Science) Vol. 1 No. 1 (2017)
Publisher : Program Studi Psikologi Islam (IAIN) Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.651 KB) | DOI: 10.30762/happiness.v1i1.324

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas terapi kognitif perilaku dalam kelompok untuk menurunkan depresi narapidana wanita di Lapas Klas IIA Muaro Padang. Penelitian ini melibatkan 2 variabel, yaitu depresi dan terapi kognitif perilaku. Depresi merupakan salah satu gangguan mood/suasana hati yang ditandai dengan adanya perubahan suasana hati/mood, konsep diri yang negatif, regresif dan keinginan untuk melarikan diri, perubahan dalam perilaku, dan perubahan dalam level aktivitas. Sementara terapi kognitif perilaku merupakan suatu pendekatan terapi yang ditujukan untuk mengubah pola pikir maladaptif yang juga melibatkan komponen behavioral dalam menangani depresi dan dilakukan secara berkelompok. Penelitian ini melibatkan 16 narapidana wanita di Lapas Klas IIA Muaro Padang sebagai subjek penelitian dengan karakteristik berusia antara 23-35 tahun, berada dalam penjara selama 6 bulan pertama, dan mampu berkomunikasi serta memahami percakapan. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian eksperimen. Desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah pre-test post-test control group design dengan menggunakan 2 kelompok – kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Alat pengumpul data yang digunakan adalah Beck Depression Inventory yang terdiri dari 21 pernyataan untuk mengetahui depresi pada narapidana wanita di Lapas Klas IIA Muaro Padang. Analisis data yang digunakan adalah analisis data non parametrik dengan teknik The Mann-Whitney. Pengaruh besar perlakuan dilihat dengan menghitung effect size. Penghitungan The Mann-Whitney memperoleh hasil dengan signifikansi 0.001. Hasil penghitungan effect size sebesar 0.84. Keseluruhan hasil penghitungan tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dalam penurunan depresi. Artinya, terapi kognitif perilaku dalam kelompok efektif untuk menurunkan depresi narapidana wanita di Lapas Klas IIA Muaro Padang, dengan tingkat pengaruh yang masuk kategori tinggi.
Menulis Gratitude Letter Untuk Meningkatkan Happiness Pada Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Uun Zulfiana
Happiness (Journal of Psychology and Islamic Science) Vol. 1 No. 1 (2017)
Publisher : Program Studi Psikologi Islam (IAIN) Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.325 KB) | DOI: 10.30762/happiness.v1i1.325

Abstract

Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) bukanlah hal mudah bagi orang tua. Berbagai respon yang dialami oleh orang tua dengan ABK diantaranya merasa malu, tidak percaya, terkejut dan marah. Banyak dari mereka yang tidak memperhatikan dan tidak mempedulikan pengasuhan ABK. Salah satu cara untuk meningkatkan kebahagiaan orang tua yang memiliki ABK adalah dengan mengoptimalkan salah satu kekuatan karakter yang ada pada diri mereka. Salah satu karakter yang akan menjadi fokus adalah gratitude (rasa syukur). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang melibatkan 20 orang tua yang memiliki Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yang terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Metode intervensi untuk meningkatkan happiness pada mereka dengan menerapkan salah satu metode psikoterapi positif yaitu menuliskan gratitude letter. Hasil yang diperoleh dari menuliskan gratitude letter dengan meningkatkatkan kebersyukuran dapat meningkatkan kebahagiaan lansia yang tinggal di Panti Wreda.
Hubungan Antara Iklim Sekolah Dengan Keterlibatan Siswa Dalam Belajar Luluk Masroatul Lailiyah; Moh. Irfan Burhani; Prima Ayu Rizqi Mahanani
Happiness (Journal of Psychology and Islamic Science) Vol. 1 No. 1 (2017)
Publisher : Program Studi Psikologi Islam (IAIN) Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1350.9 KB) | DOI: 10.30762/happiness.v1i1.326

Abstract

Keterlibatan siswa merupakan partisipasi aktif siswa, seperti berusaha, bersungguh-sungguh, konsentrasi, memberi perhatian, mematuhi peraturan dan menggunakan strategi regulasi diri dalam kegiatan belajar disertai dengan emosi positif. Salah satu faktor penentu terjadinya keterlibatan siswa dalam belajar yaitu iklim sekolah. Iklim sekolah merupakan bagian dari lingkungan belajar yang akan mempengaruhi setiap perilaku seorang siswa, dalam melaksanakan tugas di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana iklim sekolah, bagaimana keterlibatan siswa dalam belajar, dan bagaimana hubungan iklim sekolah dengan keterlibatan siswa dalam belajar pada kelas XI di MAN Kandangan, Kapupaten Kediri. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Pengambilan data dilakukan di MAN Kandangan Kabupaten Kediri dengan populasinya sejumlah 291 siswa kelas XI. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 56 responden. Metode pengumpulan data menggunakan skala iklim sekolah dan skala keterlibatan siswa dalam belajar yang dianalisis menggunakan teknik Pearson’s Product Moment. Hasil penelitian ini menujukkan 1) Iklim sekolah berada pada kategori sedang, hasil prosentasenya sebesar 46.42%. 2) Keterlibatan siswa dalam belajar berada pada kategori rendah, hasil prosentasenya 33,92%. 3) Dari hasil analisis dengan menggunakan Product Moment Pearson didapatkan hasil uji statistik antara iklim sekolah dengan keterlibatan siswa dalam belajar sebesar 0,542 dengan koefisien determinasi sebesar 0,293. Hal ini berarti keterlibatan siswa dalam belajar dipengaruhi oleh iklim sekolah sebesar 29,3% dan 70,7% dipengaruhi oleh faktor lain di luar iklim sekolah. Sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan antara iklim sekolah dengan keterlibatan siswa dalam belajar.
Dukungan Sosial Orang Tua Pada Anak Tunagrahita Di Slb Muhammadiyah Kertosono Wildatul Lubab; Moch. Muwaffiqillah; Imron Muzakki
Happiness (Journal of Psychology and Islamic Science) Vol. 1 No. 1 (2017)
Publisher : Program Studi Psikologi Islam (IAIN) Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1361.191 KB) | DOI: 10.30762/happiness.v1i1.327

Abstract

Setiap anak membutuhkan dukungan orang tua untuk dapat mengembangkan potensi yang dimiliki. Namun, tidak semua orang tua bisa menerima kekurangan anak dan tetap memberikan dukungan bagi perkembangan mereka, utamanya jika mereka adalah anak tunagrahita. Karena itulah, penelitian ini ingin mengetahui mengenai: (1) bagaimana bentuk dukungan sosial orang tua pada anak tunagrahita di SLB Muhammadiyah Kertosono dan (2) faktor-faktor yang mempengaruhi dukungan sosial orang tua pada anak tunagrahita siswa SLB Muhammadiyah Kertosono. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Subyek penelitian ini sebanyak 6 orang yang di Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Jombang dan Kabupaten Kediri. Subyek penelitian adalah orangtua yang memiliki anak berkebutuhan khusus dalam hal ini adalah tunagrahita. Dari penelitian ini diperoleh beberapa aspek dukungan sosial berdasarkan indikator-indikator dukungan sosial House yang diberikan orang tua pada anak tunagrahita, orang tua memberikan dukungan emosional yaitu rasa empati, kepedulian dan perhatian. Dukungan penghargaan dengan memberikan suatu penghargaan pada anak. Dukungan instrumental yang berupa pemberian barang dan jasa. Serta dukungan informatif yaitu pemberian nasehat. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi dukungan sosial orang tua pada anak tunagrahita adalah tanggung jawab, rasa optimisme, kasih sayang, kemajuan dan rasa khawatir.
Perilaku Cheating Mahasiswa Psikologi Islam Stain Kediri Angkatan 2013 Dalam Ujian Akhir Semester Mochammad Faqih Sholahudin; Robingatun; Yuli Darwati
Happiness (Journal of Psychology and Islamic Science) Vol. 1 No. 1 (2017)
Publisher : Program Studi Psikologi Islam (IAIN) Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1387.487 KB) | DOI: 10.30762/happiness.v1i1.328

Abstract

Perilaku cheating merupakan salah satu fenomena yang sering muncul di dalam dunia pendidikan. Cheating bisa diartikan sebagai bentuk perilaku moral yang menunjukkan ketidakjujuran siswa pada saat mengikuti evaluasi. Fenomena tersebut juga terjadi pada mahasiswa STAIN Kediri angkatan 2013, padahal mereka sudah mendapatkan mata kuliah mengenai pentingnya kejujuran. Oleh karenanya, penelitian ini dilakukan guna mengetahui mengapa mahasiswa Psikologi Islam STAIN Kediri angkatan 2013 melakukan perilaku cheating dalam ujian akhir semester dan bagaimana bentuk perilaku cheating tersebut. Penelitian ini menggunakan sebuah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian menggunakan studi kasus. Subjek penelitian ini ada 9 orang mahasiswa dari progam studi Psikologi Islam STAIN Kediri angkatan 2013. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data dengan teknik induktif. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi dalam bentuk sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa Psikologi STAIN Kediri angkatan 2013 memiliki beberapa alasan yang mendorongnya untuk melakukan perilaku cheating. Penyebab utama mereka melakukan cheating adalah karena adanya kecemasan yang berlebihan, kurang begitu memiliki motivasi belajar dan berprestasi, ambisius terhadap nilai tinggi, pikiran negatif dan harga diri tinggi. Selain itu, pengawasan yang kurang ketat, regulasi tes yang kurang memadai, termasuk jarak duduk dan sistem blacklist juga mendorong mahasiswa untuk melakukan perilaku cheating. Selain itu, dari penelitian ini juga didapat informasi bahwa subjek melakukan cheating dengan menggunakan HP atau mencontoh jawaban teman.
Strategi Coping Stres Mahasiswi Yang Telah Menikah Dalam Menulis Tugas Akhir Fajar Rositoh; Sarjuningsih; Tatik Imadatus Sa’adati
Happiness (Journal of Psychology and Islamic Science) Vol. 1 No. 2 (2017)
Publisher : Program Studi Psikologi Islam (IAIN) Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.718 KB) | DOI: 10.30762/happiness.v1i2.329

Abstract

Menjalani peran ganda sebagai seorang istri sekaligus mahasiswi yang sedang menulis tugas akhir menjadi fenomena yang menarik untuk diteliti karena beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa menyusun sk ripsi merupakan stresor yang membuat mahasiswa menjadi stres, apalagi bagi mereka yang sudah berkeluarga. Karena itu peneliti ingin mengetahui gambaran strategi coping stres yang dilakukan oleh mahasiswi STAIN Kediri yang telah menikah dalam menulis tugas akhir. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subyek dalam penelitian ini merupakan mahasiswi STAIN Kediri yang sudah berkeluarga dan sedang menulis tugas akhir. Jumlah subjek dalam penelitian ini ada 6 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi. Dari penelitian ini diperoleh macam-macam strategi coping stres mahasiswi yang telah menikah dalam menulis tugas akhir, yaitu berupa reaksi psikologis dan reaksi psikososial. Bentukbentuk tindakan coping stres yang digunakan subjek adalah 1). problem focused coping yaitu pengalihan stres dalam bentuk tindakan mengarah kepada penyelesaian, dalam hal ini mahasiswi melakukan strategi mengelola waktu, fokus pada salah satu tugas, dan meminta bantuan; 2).emotion focused coping yaitu dengan tindakan mengalihkan stres dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan, mencurahkan isi hati, dan mengontrol diri. Selain itu, strategi coping stres subjek dipengaruhi juga oleh adanya pengaruh kepribadian dalam hal ini hardiness dan optimis, adanya pengaruh konteks lingkungan, dan terakhir adanya pengaruh dukungan sosial yang diterima oleh subjek.
Penerimaan Diri Remaja Dengan Orang Tua Tunggal Alif Hidayatul Lail; Tasmin; Yuli Darwati
Happiness (Journal of Psychology and Islamic Science) Vol. 1 No. 2 (2017)
Publisher : Program Studi Psikologi Islam (IAIN) Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2036.394 KB) | DOI: 10.30762/happiness.v1i2.330

Abstract

Tidak semua anak bisa menerima bahwa sekarang mereka memiliki orang tua tunggal dan ini bisa mempengaruhi penerimaan diri mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan gambaran penerimaan diri pada remaja yang berasal dari orang tua tunggal dan faktor-faktor yang mempengaruhinya yang tinggal di Dusun Munengkulon Desa Muneng Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek dalam penelitian ada 4 remaja dengan orang tua tunggal dengan rentang usia 12-21 tahun. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa tiga dari empat remaja dengan orang tua tunggal memiliki penerimaan diri yang positif yang ditunjukkan dengan sikap mempunyai keyakinan untuk menjalani hidup, menganggap dirinya sederajat dengan orang lain, tidak menganggap dirinya aneh, tidak malu dan tidak hanya memperhatikan dirinya, berani memikul tanggungjawab, dan mampu menerima pujian dan celaan. Penerimaan diri positif pada remaja ini muncul pada remaja yang berasal dari orang tua tunggal ayah maupun ibu dan juga pada remaja yang berasal dari orang tua tunggal karena meninggal maupun bercerai. Penerimaan diri pada remaja pada penelitian dipengaruhi oleh pemahaman tentang diri sendiri, adanya harapan yang realistik, sikap anggota masyarakat yang menyenangkan dan pola asuh yang baik di masa kecil. Dan satu remaja menunjukkan sikap yang sebaliknya, ia malu karena hanya memiliki satu orang tua. Hal ini membuatnya menarik diri dari lingkungan sekitar dan kurang mampu menerima saran dan kritik dari orang lain.
Hubungan Kepuasan Kerja Pada Aspek Finansial Dengan Loyalitas Kerja Karyawan Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (Min) Bandar Kidul Kota Kediri Ahmad Rizal Fatawi; Imron Muzakki; Siti Amanah
Happiness (Journal of Psychology and Islamic Science) Vol. 1 No. 2 (2017)
Publisher : Program Studi Psikologi Islam (IAIN) Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (419.948 KB) | DOI: 10.30762/happiness.v1i2.331

Abstract

Kepuasan kerja merupakan sikap umum terhadap pekerjaannya. Kepuasan akan terjadi apabila kebutuhan-kebutuhan individu sudah terpenuhi, hal tersebut merupakan sikap umum yang dimiliki oleh karyawan yang erat kaitannya dengan imbalan-imbalan yang akan mereka terima setelah melakukan pekerjaan. Imbalan-imbalan dalam hal ini berupa finansial yang ditunjukkan dengan kompensasi atau gaji, tunjangan, jaminan sosial, fasilitas, dan promosi. Ketika finansial yang diberikan tidak menjamin kepuasan dalam bekerja dapat memberikan dampak bagi loyalitas seorang karyawan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bandar Kidul Kota Kediri. Sehingga penelitian ini dilakukan untuk (1) mengetahui tingkat kepuasan kerja pada aspek finansial, (2) mengetahui tingkat loyalitas kerja karyawan, (3) mengetahui hubungan antara kepuasan kerja pada aspek finansial dengan loyalitas kerja karyawan di Bandar Kidul Kota Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PNS dan Non PNS di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Bandar Kidul Kota Kediri dengan jumlah 36 orang. Penelitian ini menggunakan dua buah skala sebagai alat ukur, yaitu skala kepuasan kerja pada aspek finansial dan skala loyalitas kerja karyawan yang disusun dalam bentuk skala Likert. Data kemudian dianalis menggunakan analis korelasi product moment dan menggunakan taraf kesalahan 5%. Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) tingkat kepuasan kerja pada aspek finansial karyawan Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bandar Kidul Kota Kediri berada pada kategori sedang dengan 19 responden sebesar 53 %, dengan rata-rata (mean) sebesar 219,39, (2) tingkat loyalitas kerja karyawan Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bandar Kidul Kota Kediri berada pada kategori sedang dengan 17 responden sebesar 47 %, dengan rata-rata (mean) sebesar 213,94 (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kepuasan kerja pada aspek finansial dengan loyalitas kerja karyawan, hal tersebut dilihat pada nilai signifikansi 0,000 dimana p < 0,05 dan r = 0,620, serta nilai korelasi antara kepuasan kerja pada aspek finansial dengan loyalitas kerja karyawan sebesar 0,620 yang artinya hubungan diantara keduanya pada kategori kuat.
Pengaruh Dukungan Sosial Keluarga Dan Iklim Sekolah Terhadap Self Regulated Learning Siswa Siti Fatimah Ma’ruf; Moch. Muwaffiqillah; Moh. Irfan Burhani
Happiness (Journal of Psychology and Islamic Science) Vol. 1 No. 2 (2017)
Publisher : Program Studi Psikologi Islam (IAIN) Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (679.079 KB) | DOI: 10.30762/happiness.v1i2.333

Abstract

Siswa SMP Negeri 2 Kediri memiliki tingkat regulasi diri dalam belajar yang beragam. Mengingat waktu belajar yang terbatas untuk belajar di sekolah maka kemungkinan ada faktor lain yang mendukung proses belajar siswa. Dukungan sosial keluarga dan iklim sekolah menjadi dua dari banyak faktor yang bisa mendukung belajar siswa. Karena itulah, peneliti ingin mengetahui mengenai pengaruh antara dukungan sosial keluarga dan iklim sekolah terhadap self regulated learningpada siswa SMP Negeri 2 Kediri. Penelitian ini merupakanpenelitian kuantitatif korelatif.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kediri. Total sampel penelitian adalah 172 siswa yang dipilih dengan teknik probability sampling berupa simple random sampling. Data di dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan skala dukungan sosial keluarga, skala iklim sekolah dan skala self regulated learning. Data kemudian dianalis menggunakan analis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini adalah (1) terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan sosial keluarga dengan self regulated learning (r=0,682 koefisien determinasi= 46,5%), (2) terdapat hubungan yang signifikan antara iklim sekolah dengan self regulated learning (r=0,725 koefisien determinasi= 52,5%), (3) terdapat pengaruh antara dukungan sosial keluarga dan iklim sekolah dengan self regulated learning (r=0,725 koefisien determinasi= 52,5%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara antara dukungan sosial keluarga dan iklim sekolah dengan self regulated learning.