Curtina
Vol 2 No 2 (2021)

ANIMASI AUGMENTED REALITY UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN OLAHRAGA VOLI

Mochamad Abdul Rifa'i (Universitas PGRI Ronggolawe tuban)
Amaludin Arifia (Universitas PGRI Ronggolawe)
Fitroh Amaluddin (Universitas PGRI Ronggolawe)
Helman Yusuf Bahtiar (Universitas PGRI Ronggolawe)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2021

Abstract

Media pembelajaran ternyata selalu mengikuti perkembangan teknologi yang ada, mulai dari teknologi cetak, audio visual, komputer sampai teknologi gabungan antara teknologi cetak dengan komputer. Saat ini media pembelajaran hasil gabungan teknologi cetak dan komputer dapat diwujudkan dengan media teknologi Augmented Reality (AR). Augmented Reality (AR) adalah teknologi interaksi yang dapat menggabungkan benda maya berjenis 2D atau 3D yang akan ditambah ke dalam lingkungan nyata dan memproyeksikannya kedalam waktu nyata atau real time. Olahraga Bola Voli adalah olahraga yang dimainkan oleh dua tim dalam satu lapangan yang dipisahkan oleh sebuah net dan setiap tim terdiri dari enam pemain. Pembuatan aplikasi menggunakan software unity3D dalam membangun Augmented Reality dan disertai marker (penanda) yang sudah dimuat dalam model kartu. Aplikasi ini diharapkan dapat digunakan dalam dunia pendidikan untuk menyampaikan pengetahuan yang lebih menarik dalam bidang olahraga terutama dalam mempelajari sejarah, teknik dan peraturan olahraga voli.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

curtina

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Curtina adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika, yang terbit setahun dua kali pada bulan Desember dan Juli. Curtina memiliki bidang penelitian ilmu Komputer atau Informatika, Sistem Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Decision Support System, Data Mining, Interfacing ...