JUPADAI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 1 No. 2 (2022): Volume 1 Nomor 2 2022

MATLAB SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DASAR-DASAR KOMPUTASI MATRIKS

Maria Elizabeth Woka (Program Studi Matematika, Fakultas Ilmu Alam dan Teknologi Rekayasa, Universitas Halmahera, Jl. Wari Raya, Tobelo, Halmahera Utara 97762)
Jimi Kristino Tuandali (Program Studi Matematika, Fakultas Ilmu Alam dan Teknologi Rekayasa, Universitas Halmahera, Jl. Wari Raya, Tobelo, Halmahera Utara 97762)
Martina Hayati (Program Studi Matematika, Fakultas Ilmu Alam dan Teknologi Rekayasa, Universitas Halmahera, Jl. Wari Raya, Tobelo, Halmahera Utara 97762)
Jeckson Saketa (Program Studi Matematika, Fakultas Ilmu Alam dan Teknologi Rekayasa, Universitas Halmahera, Jl. Wari Raya, Tobelo, Halmahera Utara 97762)
Nolya Mananti (Program Studi Matematika, Fakultas Ilmu Alam dan Teknologi Rekayasa, Universitas Halmahera, Jl. Wari Raya, Tobelo, Halmahera Utara 97762)
Mario Nikolaus Dalengkade (Universitas Halmahera)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2022

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi yang merambah ke pendidikan menuntut kualitas sumber daya manusia (SDM) memiliki kompetensi. Sehingga diperlukan suatu metode pembelajaran guna memahami, memecahkan, dan mampu menggunakan teknologi sebagai kombinasi menghasilkan SDM. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 (SMA) Halmahera Utara memfokuskan pada transfer ilmu pengetahuan di bidang matematika mengenai matriks, pemograman, dan analisis data, kegiatan ini menerapkan skala linkert. Pengukuran awal penguasan konsep matriks adalah 60% dan penggunaan teknologi sebagai media pembelajaran yakni 4% (n = 31). Penerapan metode pemecahan masalah menunjukkan peningkatan penguasaan konsep matriks sebanyak 82% dan teknologi (matlab) 6%. Meskipun demikian, secara umum terjadi peningkatan, sehingga metode pemecahan masalah dapat menjadi salah satu solusi untuk menunjang teknik pengajaran matematika.

Copyrights © 2022