Ndrumi : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora
Vol 5 No 2 (2022): Ndrumi : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora

GROUP INVESTIGATION LEARNING ON INTEGRATED SOCIAL SCIENCE LEARNING OUTCOMES

Baziduhu Laia (Universitas Nias Raya)
Hendrik Kuasa Sihura (Universitas Nias Raya)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Pada Pokok Bahasan Ketenagakerjaan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sidua’ori Tahun Pembelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bersifat eksperimental. subjek penelitian dibagi menjadi dua kelompok kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII A dan VIII B SMP Negeri 1 Sidua’ori Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 38 siswa, terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 20 siswi perempuan. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh hasil sebagai berikut: untuk tes awal di kelas eksperimen sebesar 60,13 (VIII-A) dengan kategori cukup sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 57,89 (VIII-B). Siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Investigasi Kelompok dengan nilai rata-rata sebesar 81,96 (VIII-A) dengan kategori baik dan di Kelas Kontrol dengan nilai rata-rata sebesar 67,28 (VIII-B) pada sub pokok bahasan Ketenagakerjaan. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh ttabel= 1,729, sehingga thitung> yaitu: 3,832. Hal tersebut menunjukkan nilai thitung> ttabel. Karena nilai thitung> ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak dengan kata lain ada pengaruh model pembelajaran Investigasi kelompok terhadap hasil belajar IPS Terpadu pada pokok bahasan Ketenagakerjaan kelas VIII SMP Negeri 1 Sidua’ori Tahun Pembelajaran 2021/2022.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

NDRUMI

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora merupakan wadah publikasi pada bidang pendidikan dan humaniora yang diterbitkan oleh UNIRAYA berupa hasil penelitian, kajian teori, metode, dan gagasan ilmiah yang sesuai dengan kepakaran ilmu pengetahuan. Jurnal NDRUMI menerima artikel ilmiah dari berbagai ...