cover
Contact Name
Samanoi Halowo Fau
Contact Email
ndrumi@uniraya.ac.id
Phone
+6282286352622
Journal Mail Official
ndrumi@uniraya.ac.id
Editorial Address
Jln. Pramuka, Nari-nari, Kelurahan Pasar Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan
Location
Kab. nias selatan,
Sumatera utara
INDONESIA
Ndrumi : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora
Published by Universitas Nias Raya
ISSN : 26150832     EISSN : 28284097     DOI : 10.57094
Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora merupakan wadah publikasi pada bidang pendidikan dan humaniora yang diterbitkan oleh UNIRAYA berupa hasil penelitian, kajian teori, metode, dan gagasan ilmiah yang sesuai dengan kepakaran ilmu pengetahuan. Jurnal NDRUMI menerima artikel ilmiah dari berbagai kalangan akademisi dan peneliti baik nasional maupun internasional. Jurnal NDRUMI merupakan peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel ilmiah berkualitas dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris berupa hasil penelitian (prioritas utama) dan atau kajian ilmiah bidang kependidikan dan keguruan, baik dari sisi kebijakan pendidikan, metode/strategi/pendekatan pengajaran, yang implementasinya terhadap pencapaian tujuan pendidikan nasional.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 23 Documents
SLANG EXPRESSION USED BY AUSTRALIAN TOURIST AT SORAKE BEACH SOUTH NIAS REGENCY Mohamad Yunus Laia; Fran Arventianus Wau
Ndrumi : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora Vol 5 No 2 (2022): Ndrumi : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora
Publisher : LPPM Universitas Nias Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57094/ndrumi.v5i2.488

Abstract

English language is devided into two kinds, they are Formal English and Informal English. In the field, Australian people who speak English use the informal English to communicate with their friends depends where they are and in what occasion they speak. And this informal English is called Slang. The purpose of this research was to describe the slang that produced by Australian Tourist at Sorake Beach and to classify the based on the types of slang. This research is focused on three domains, there are beach, surfcamp and shop. Then, this research was designed by using Qualitative Research. The data was taken from the Australian Tourist at Sorake Beach and the informants were seven (7) people. Researcher used Handphone as a tool to record their voices and the video during they speak to their friends. The result of the data shows that, the researcher found fifteen (15) Slang expressions that produced by Australian Tourist at Sorake Beach. Australian does speak and use the slang expressions in the their communication with their friends and they mostly use the Public slang in their communication because they usually drink beers and they stay at the beach. It can be concluded, slang is an informal expression that usually exist in English speaking to make the language more fashionable and attractive. The researcher suggests to the readers to use the result of the research as references to increase their knowledge about English and they can implement this research to communicate with the Australian tourist.
PUDARNYA NILAI-NILAI PANCASILA DI INDONESIA Aturkian Laia
Ndrumi : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora Vol 5 No 2 (2022): Ndrumi : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora
Publisher : LPPM Universitas Nias Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57094/ndrumi.v5i2.489

Abstract

Pancasila merupakan pandangan bangsa Indonesia yang di buat oleh para pendiri bangsa ini, namun seiring berjalannya perkembangan zaman maka Pancasila sudah tidak efektif dilaksanakan pada kehidupan nyata, terutama pada mensejahterakan masyarakat dan menegakkan keadilan di negeri ini. Adapun yang menjadi metode yang digunakan pada penelitiaan ini adalah metode pengamatan dan studi pustaka. Berdasarkan hasil dan pembahasan, maka Pancasila harus dapat di refisi ulang dengan di sesuaikan dengan perkembangan zaman, memang begitu sulit namun itu hanya dapat di lakukan oleh pemimpin yang berlandaskan keberanian, kejujuran dan keadilan serta memiliki moralitas serta dibarengi dengan kemampuan berpikir yang mendalam, luas dan kritis.
MULTI-REPRESENTATIONAL DISCOURSE LEARNING MODEL Murnihati Sarumaha
Ndrumi : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora Vol 5 No 2 (2022): Ndrumi : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora
Publisher : LPPM Universitas Nias Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57094/ndrumi.v5i2.490

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kualitas pembelajaran dan mengetahui peningkatan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran Multi-Representation Discourse. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil belajar diperoleh hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 64,25 dengan persentase ketuntasan belajar 60%. Setelah dilakukan refleksi pada siklus I, pelaksanaan pembelajaran siklus II sehingga terjadi peningkatan dengan hasil belajar siswa meningkat menjadi 80,75 dengan penyajian pembelajaran mencapai 90%. Dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
LANGUAGE ACQUISITION FOR 4-5 YEARS OLD CHILDREN Askarman Laia
Ndrumi : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora Vol 5 No 2 (2022): Ndrumi : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora
Publisher : LPPM Universitas Nias Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57094/ndrumi.v5i2.491

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan bahasa anak-anak di desa Hilimaera yang cenderung mencampurkan antara bahasa daerah Nias dengan bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kalimat dan fungsi kalimat pada pemerolehan bahasa anak usia 4-5 tahun. Sumber data dalam penelitian ini adalah ujaran anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah peneliti menyiapkan alat rekam, alat tulis dan buku, mendatangi tempat anak-anak yang sedang berbicara sambil merekam. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini, peneliti menemukan tiga bentuk kalimat yang digunakan berdasarkan bentuk sintaksisnya yakni kalimat berita (deklaratif), kalimat tanya (interogatif) dan kalimat perintah (imperatif). Fungsi kalimat yang dihasilkan adalah Kalimat berpola P, Kalimat berpola K, Kalimat berpola S-P, Kalimat berpola P-S, Kalimat berpola P-O, Kalimat berpola P-K, Kalimat berpola P-S-O, Kalimat berpola P-S-K, Kalimat berpola P-O-Pel, kalimat berpola S-K, kalimat berpola S-P-O dan kalimat berpola S-P-O-K.
GROUP INVESTIGATION LEARNING ON INTEGRATED SOCIAL SCIENCE LEARNING OUTCOMES Baziduhu Laia; Hendrik Kuasa Sihura
Ndrumi : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora Vol 5 No 2 (2022): Ndrumi : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora
Publisher : LPPM Universitas Nias Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57094/ndrumi.v5i2.492

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Pada Pokok Bahasan Ketenagakerjaan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sidua’ori Tahun Pembelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bersifat eksperimental. subjek penelitian dibagi menjadi dua kelompok kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII A dan VIII B SMP Negeri 1 Sidua’ori Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 38 siswa, terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 20 siswi perempuan. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh hasil sebagai berikut: untuk tes awal di kelas eksperimen sebesar 60,13 (VIII-A) dengan kategori cukup sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 57,89 (VIII-B). Siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Investigasi Kelompok dengan nilai rata-rata sebesar 81,96 (VIII-A) dengan kategori baik dan di Kelas Kontrol dengan nilai rata-rata sebesar 67,28 (VIII-B) pada sub pokok bahasan Ketenagakerjaan. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh ttabel= 1,729, sehingga thitung> yaitu: 3,832. Hal tersebut menunjukkan nilai thitung> ttabel. Karena nilai thitung> ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak dengan kata lain ada pengaruh model pembelajaran Investigasi kelompok terhadap hasil belajar IPS Terpadu pada pokok bahasan Ketenagakerjaan kelas VIII SMP Negeri 1 Sidua’ori Tahun Pembelajaran 2021/2022.
PARTISIPASI POLITIK PEMILIH PEMULA DALAM PELAKSANAAN PEMILU DI DESA HILIZOMBOI KECAMATAN LAHUSA KABUPATEN NIAS SELATAN TAHUN 2020 Eka Periaman Zai; Hemat Zagoto; Fitriyanti Wau
Ndrumi : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora Vol 5 No 2 (2022): Ndrumi : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora
Publisher : LPPM Universitas Nias Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57094/ndrumi.v5i2.493

Abstract

Partisipasi politik merupakan aspek penting dalam sebuah tatanan negara demokrasi, sekaligus merupakan ciri khas adanya moderniasi politik. Partisipasipolitik merupakan kegiatan seseorang atau sekelompok orang untuk ikut serta secara aktif dalam kehidupan politik,dengan jalan memilih pimpinan negara dan daerah secara langsung mempengaruhi kebijakan pemerintah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat partisipasi atau keterlibatan peserta pemilih pemula dalam pelaksanaan di Desa Hilizomboi Kecamatan Lahusa Kabupaten Nias Selatan. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Desa Hilizomboi Kecamatan Lahusa Kabupaten Nias Selatan denganjumlah masyarakat 870 jiwa laki-laki terdiri dari 440 orang, dan perempuan berjumlah 430 orang.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu (1) observasi; (2) interview; dan (3) dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan yaitu (1) Reduksi data; (2) penyajian data; (3) penyimpulan dan verifikasi; (4) kesimpulan akhir.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi pemilih pemula dalam pelaksanaan pemilu khususnya di Desa Hilizomboi Kecamatan Lahusa dapat dikategorikan rendah, disebabkan karena rata-rata pemilih pemulasedang menduduki bangku sekolah dan belum mampu berpolitik.Sehingga peserta pemilih pemula tersebut tidak terlibat dalam kegiatan pemilu serta belum mampu memahami makna yang sesungguhnya pelaksanaan pemilu yang dilaksanakan di dalam desa.Beberapa saran yang diajukan peneliti yaitu (1) hendaknya peserta pemilih pemula di setiap desa dapat dibekali, diarahkan sehingga mampu menunjukan hak pilihnya pada kegiatan pemilihan di dalam desanya; (2) hendaknyapemilih pemula disetiap desa memiliki keterlibatan dirinya (berpartisipasi) dalam penyelengaraan pemilu yang dilaksanakan di dalam desa.
PENGARUH KONDISI EKONOMI KELUARGA TERHADAP TINGKAT PENDIDIKAN ANAK DI DESA SIHABORGOAN BARUMUN Mara Judan Rambey
Ndrumi : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora Vol 5 No 1 (2022): Ndrumi : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora
Publisher : LPPM Universitas Nias Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57094/ndrumi.v5i1.514

Abstract

This study aims to find out whether there is a significant influence between family economic conditions on children's education levels. For this reason, this study includes two variables, namely family economic conditions as variable X and the level of education of children variable Y. This research was conducted at Sihaborgoan Barumun Jl. Binanga, Barumun Tengah District, Padang Lawas Regency. The population in this study is the entire sihaborgoan Barumun village community, and the sampling method used in this study is incidental sampling or coincidentally, the sample taken in this study is as many as 30 people. In analyzing the data, guttman scale method questionnaires were used for family economic conditions (variable X) and variable child education level (Y). Then the results are analyzed with inferential analysis. From the results of the analysis obtained the average value of family economic conditions is 84.5 in the category of "Excellent", the average value of the child's education level is 82.33 in the category of "Excellent". Based on the t test conducted on table 16 shows that the calculated value is 5,800 with a confidence level of 95% or an error rate of 5% thus 5,800>1,699 then H0 rejected Ha accepted. Based on these results it can be concluded that the hypothesis is acceptable. This means that there is a significant influence between the Economic Condition of the Family on the Level of Children's Education in Sihaborgoan Barumun Village.
MENUMBUHKAN KREATIVITAS MAHASISWA MELALUI INTEGRASI TEKNOLOGI DALAM TASK BASED LANGUAGE TEACHING UNTUK MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS Arik Susanti; Anis Trisusana; Ririn Pusparini; Esti Kurniasih
Ndrumi : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora Vol 5 No 1 (2022): Ndrumi : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora
Publisher : LPPM Universitas Nias Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57094/ndrumi.v5i1.515

Abstract

Student creativity is needed in 21st century learning. When students have creative thinking skills, they can create new things that are innovative or creative. For this reason, this study aims to foster creative thinking skills for English students by using the Task-Based Language Teaching (TBLT)method that is integrated with technology in online learning and describes the results of student creativity. This study is a class study with participants are students majoring in English Education which amounts to 29. The research instrument is an observation and test sheet. Hasil research shows that the TBLT stage has been carried out well in learning by lecturers and students. This can be seen in the activities ofmahasiswa when they are able to develop English teaching materials, which starts from choosing KD and making a good GPA. In addition, analyze predetermined books and eventually they can create the development of the selected material using wakelet.com, as well as presenting synchronously (through zoom sessions and asynchronously (via wakalet). In addition, the results of the paired sample t-test analysis showed that the T-value was 0.000 and there was a significant increase in student creativity in the application of TBLT integrated with technology in the learning of Developing EFL Materials courses. It is concluded that to foster student creativity, methods are needed that can make the learning process more comfortable and interesting for students.
MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TERPADU SISWA Murnihati Sarumaha; Darmawan Harefa
Ndrumi : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora Vol 5 No 1 (2022): Ndrumi : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora
Publisher : LPPM Universitas Nias Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57094/ndrumi.v5i1.517

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran inquiry terbimbing terhadap hasil belajar IPA terpadu siswa. Jenis penelitian pada kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. dilakukan pada semester I pada mata pelajaran IPA. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan random sampling. Sampel penelitian adalah kelas VIII-a sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 28 siswa dan kelas VIII-b sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 29 siswa. instrument yang digunakan dalam adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda. Data penelitian dianalisa dengan menggunakan uji liliefors untuk normalitas, tes varian untuk menguji homogenitas, t-test untuk menguji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiry terbimbing merupakan model pembelajaran yang menuntun siswa belajar lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga siswa dapat melibatkan seluruh alat indera siswa dengan menggabungkan gerakan fisik dengan intelektual siswa dalam belajar.
COVID-19, DARWINISME SOSIAL DAN HERD IMMUNITY Agustin Sukses Dakhi
Ndrumi : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora Vol 5 No 1 (2022): Ndrumi : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora
Publisher : LPPM Universitas Nias Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57094/ndrumi.v5i1.518

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemikiran dan sikap masyarakat Indonesia menghadapi Covid 19 di awal tahun 2021 akan datang. Metode penelitian adalah studi kepustakaan. Dengan menggunakan teori-teori yang sudah ada, penelitian terkaitsebelumnya, internet dan seluruh informasi yang relevan denganmasalah yang akan diteliti. Adapun temuan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada awal tahun 2021 ini lebih tepat diterapkan teori Charles Darwin sehingga dengan sendirinya manusia Indonesia akan terseleksi dan akan menghasilkan manusia atau masyarakat yang imun dan kuat. Berdasarkan temuan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Masyarakat Indonesia akan mampu bertahan dari wabah Covid 19 dengan cara herd immnunity serta akan mecapai progress/kemajuan dalam arti mampu melalu iseleksi covid 19.

Page 1 of 3 | Total Record : 23