ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan secara signifikan kemampuan memahami teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 4 Lubuklinggau melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, yaitu penelitian yang meneliti hanya satu kelas. Sebagai populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Lubuklinggau yang terdiri dari 277 siswa dan sebagai kelas sampel adalah kelas X MIA 3. Kelas tersebut dipilih secara acak dengan jumlah 35 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, yaitu pre-test dan post-test. Kemudian data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan dari hasil uji hipotesis dan analisis data uji “t” menggunakan perhitungan SPSS versi 20, nilai uji “t” (5,506) dengan Sig (2-tailed) yaitu 0,000<0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan model discovery learning, kemampuan memahami teks negosiasi signifikan dapat mencapai ketuntasan.Kata Kunci: Discovery Learning, Kemampuan Memahami Teks Negosiasi.
Copyrights © 2022