Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 20, No 3 (2022)

Strategi Komunikasi Kesehatan Pencegahan Lonjakan Kasus COVID-19 dalam Youtube Kemenkes RI

Ditha Prasanti (Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran Bandung)
Sri Seti Indriani (Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran Bandung)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Pemberitaan media ramai mempublikasikan info terbaru pandemi COVID-19, Kemenkes RI selaku departemen yang bergerak di bidang kesehatan, memberikan informasi terbaru melalui channel youtube-nya dalam salah satu video bertajuk “Keterangan Pers: Update Penanganan COVID-19 di Indonesia” pada 2 Agustus 2021. Penelitian ini bertujuan menemukan strategi penanganan lonjakan kasus gelombang kedua COVID-19 yang disampaikan Kemenkes RI melalui konferensi pers dalam akun youtube-nya. Penelitian ini menggunakan metode analisis etnografi virtual, dengan teknik pengumpulan data melalui studi literatur dan observasi online. Hasil penelitian menunjukkan adanya beragam komunikasi literasi kesehatan yang tergambar dari percakapan netizen yang mengikuti video “Keterangan Pers: Update Penanganan COVID-19 di Indonesia”. Antusiasme netizen yang menyimak video tersebut mencapai 4754 viewers, terdiri dari tenaga kesehatan, wartawan dari berbagai media, perwakilan kota atau kabupaten, serta masyarakat luas. Intisari video tersebut menggambarkan perkembangan strategi komunikasi kesehatan yang dilakukan Kemenkes RI dalam menghadapi lonjakan kasus berupa deteksi, terapeutik, dan vaksinasi. Budaya percakapan yang terbentuk adalah adanya komentar dan kritik yang cukup kontroversial terkait dengan upaya penanganan COVID-19 di Indonesia yang dilakukan Kemenkes RI masih belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Kontribusi penelitian ini memberi rekomendasi kebijakan kepada Kemenkes RI mengenai strategi penanganan komunikasi kesehatan melalui media Youtube.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

komunikasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi focuses on writings that contain current research and thinking in the fields of: Communication Science, including media and journalism studies, audio and audiovisual broadcasting studies, public relations studies and advertising studies; Design of Visual Communication; ...