JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha
Vol. 13 No. 04 (2022): Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi

Pengaruh Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019 - 2020

Denny Kusuma Wijaya (Unknown)
I Nyoman Putra Yasa (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

ABSTRAKTujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh corporate social responsibility, ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Variabel Corporate social responsibility diukur dengan proksi CSRI (corporate social responsibility reporting index)  GRI generation 4, variabel Ukuran Perusahaan dikur dengan proksi rasio Total Assets , variabel Profitabilitas diukur dengan menggunakan rasio Return On Asset, Nilai Perusahaan sebagai variabel dependen diukur dengan Rasio Tobin’s Q. Penelitian ini menggunakan sampel perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2020. Dengan menggunakan metode purposive sampling terdapat 16 perusahaan yang memenuhi kriteria dan kemudian di analisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa corporate social responsibility, ukuran perusahaan, dan profitabilitas berpengaruh signifikan positif terhadap nilai perusahaan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

S1ak

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

IMAT ( Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi ) Undiksha provides a medium for disseminating novel articles related to economy and business among international academics, practitioners, regulators, and public. JIMAT accepts articles any research methodology that meet the standards established for ...