cover
Contact Name
Nyoman Suadnyana Pasek
Contact Email
suadnyanapasek83@gmail.com
Phone
+6281339412282
Journal Mail Official
suadnyanapasek83@gmail.com
Editorial Address
Jl. Udayana no 11 Singaraja Bali
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha
ISSN : 26141949     EISSN : 26141930     DOI : -
Core Subject : Humanities, Social,
IMAT ( Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi ) Undiksha provides a medium for disseminating novel articles related to economy and business among international academics, practitioners, regulators, and public. JIMAT accepts articles any research methodology that meet the standards established for publication in the journal. In addition, JIMAT focuses on research articles and review article for specific topics that are relevant to the economic and accounting, business, and banking issues, related to three important disciplines as follows: Economics And Accounting: Public Economics , International Economics, Banking and Financial InstitutionDevelopment Economics, Monetary Economics, Financial Economics. Accounting: Public Sector Accounting, Taxation, Financial Accounting, Management Accounting, Auditing, and Information Systems Business and banking management:Finance and wealth management, Marketing, Human Resource Management, Strategic Management, Operations, Entrepreneurship, Banking Ethics, Banking Operation and Management.
Articles 2,997 Documents
PENGELOLAAN KAS KRAMA DESA PAKRAMAN NAGASEPAHA OLEH DESA PAKRAMAN NAGASEPAHA UNTUK PROSESI UPAKARA YADNYA (Studi Kasus Pada Desa Pakraman Nagasepaha, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng) ., GEDE GIRI KUSUMA; ., Dr. Anantawikrama Tungga Atmadja, S.E.,; ., I Putu Julianto, SE., M.Si., Ak.
JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha Vol 8, No 2 (2017):
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jimat.v8i2.13294

Abstract

Desa Pakraman adalah sebuah lembaga tradisional yang mewadahi kegiatan-kegiatan sosial, budaya, dan keagamaan di Bali. Desa Pakraman yang memiliki pengelolaan unik dan hanya ada di daerah tersebut adalah Desa Pakraman Nagasepaha. Hal ini tentunya unik karena upakara yadnya memerlukan biaya yang tinggi namun dengan pengelolaan yang dilakukan oleh Desa Pakraman Nagasepaha, krama melaksanakan upakara yadnya tidak mengeluarkan biaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) Latar belakang pengelolaan kas krama Desa Pakraman Nagasepaha oleh Desa Pakraman Nagasepaha untuk prosesi upakara yadnya. 2) Proses pengelolaan kas krama Desa Pakraman Nagasepaha oleh Desa Pakraman Nagasepaha untuk prosesi upakara yadnya. 3) Implikasi pengelolaan kas krama Desa Pakraman Nagasepaha oleh Desa Pakraman Nagasepaha untuk prosesi upakara yadnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, antara lain: 1) Reduksi Data, 2) Penyajian Data, dan 3) Menarik Kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Latar belakang pengelolaan kas krama Desa Pakraman Nagasepaha oleh Desa Pakraman Nagasepaha untuk prosesi upakara yadnya karena kebutuhan finansial yang semakin meningkat. 2) Proses pengelolaan kas krama Desa Pakraman Nagasepaha oleh Desa Pakraman Nagasepaha untuk prosesi upakara yadnya terdiri dari pengumpulan kas, pengelolaan sebelum dan sesudah upakara yadnya, pemanfaatan kas krama, penarikan kas krama, dan akuntabilitas oleh Desa Pakraman Nagasepaha. 3) Implikasi pengelolaan kas krama Desa Pakraman oleh Nagasepaha Desa Pakraman Nagasepaha untuk prosesi upakara yadnya yaitu: Terlaksananya Yadnya dan Terbayarkannya Tri Rna, Mengurangi Beban Krama Desa Pakraman Nagasepaha, dan Kepercayaan (Trust) Kepada Organisasi Desa. Kata Kunci : Desa Pakraman Nagasepaha, Upakara Yadnya, Pengelolaan Pakraman Village is a traditional institution that accommodates social, cultural and religious activities in Bali. Pakraman Village which has a unique management and only exists in the area was Nagasepaha Pakraman Village. This is of course unique because yadnya ceremony requires a high cost; however, with the management conducted by Nagasepaha Village, krama ‘associate’ who performed yadnya ceremony did not spend out any expenses. This study aimed at finding out, 1) the background of krama Nagasepaha Pakraman Village’s cash management by Nagasepaha Pakraman Village for yadnya ceremony procession. 2) Cash management process of krama Nagasepaha Pakraman Village by Nagasepaha Village for yadnya ceremony procession. 3) Cash management implications of krama Nagasepaha Pakraman Village by Nagasepaha Village for yadnya ceremony procession. This study employed a qualitative method. The data analysis was conducted through three stages, such as: 1) Data Reduction, 2) Data Presentation, and 3) Conclusions Drawing. The results of this study indicated that: 1) The cash background management of krama Nagasepaha Pakraman Village by Nagasepaha Village for yadnya ceremony procession was due to increasing financial needs. 2) The cash management process of krama Nagasepaha Pakraman Village by Nagasepaha Village for yadnya ceremony procession consisted of cash collection, before and after yadnya ceremony management, the use of krama cash, withdrawal of krama cash, and accountability by Nagasepaha Village. 3) Cash management implications of krama Nagasepaha Pakraman Village by Nagasepaha Village for yadnya ceremony procession, that is: Yadnya was conducted and Tri Rna was paid; the burden of krama Nagasepaha Pakraman Village was reduced, and trust to the Village Organization. keyword : Nagasepaha Pakraman Village, Yadnya Ceremony, Management
PENGARUH KOMPETENSI AUDIT TUJUAN KHUSUS DAN TIME BUDGET PRESSURE TERHADAP KUALITAS HASIL PEMERIKSAAN (Studi Empiris Pada Kantor Inspektorat Kabupaten Buleleng, Kabupaten Badung dan Kabupaten Klungkung) Sari, Putu Hardina Widianing; Sujana, Edy; Yasa, Nyoman Putra
JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha Vol 10, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jimat.v10i2.20457

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi audit tujuan khusus dan time budget pressure terhadap kualitas hasil pemeriksaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, menggunakan metode survei dan instrumen penelitian berupa kuisioner yang diukur menggunakan skala likert. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh auditor pada Inspektorat Kabupaten Buleleng, Kabupaten Badung dan Kabupaten Klungkung sebanyak 41 auditor. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan sampling jenuh sesuai jumlah populasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 23.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kompetensi audit tujuan khusus berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas hasil pemeriksaan, (2) time buget pressure berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kualitas hasil pemeriksaan.
PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN, PENEKANAN ANGGARAN, LOCUS OF CONTROL, SELF ESTEEM DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP BUDGETARY SLACK (Studi Empiris Pada SKPD Dinas Di Kabupaten Jembrana) ., Ni Putu Elenny Agustini; ., Gede Adi Yuniarta, SE.AK; ., NI KADEK SINARWATI, SE., M.Si.Ak.
JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha Vol 4, No 1 (2016):
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jimat.v4i1.6566

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh partisipasi anggaran, penekanan anggaran, locus of control, self esteem dan sistem pengendalian internal terhadap budgetary slack yang dilakukan pada SKPD dinas di Kabupaten Jembrana. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh dinas di Kabupaten Jembrana dengan jumlah keseluruhan 10 dinas. Jumlah populasi adalah 204 orang. Sampel ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling, yaitu para pegawai dinas yang terlibat dalam proses penyusunan anggaran dan memahami dengan baik bagaimana kinerja dinas terkait berdasarkan anggaran yang telah disusun. Jumlah keseluruhan sampel adalah 70 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah metode survey dengan melakukan penyebaran kuesioner. Skala yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala likert 5 poin. Analisis data penelitian menggunakan analisis regresi berganda dengan menggunakan program SPSS versi 19. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial partisipasi anggaran, penekanan anggaran, locus of control, self esteem dan sistem pengendalian internal berpengaruh signifikan terhadap budgetary slack. Terkait dengan hasil penelitian secara simultan juga menunjukkan bahwa partisipasi anggaran, penekanan anggaran, locus of control, self esteem dan sistem pengendalian internal secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap budgetary slack.Kata Kunci : Partisipasi Anggaran, Penekanan Anggaran, Locus of Control, Self Esteem, Sistem Pengendalian Internal dan Budgetary Slack The study aimed at finding out the effect of budgeting participation, budget emphasis, locus of control, self-esteem and internal control system on the budgetary slack. This study utilized a quantitative design by involving 204 respondents from ten agency offices around the local government in Jembrana regency. There were about 70 respondents selected as the samples based on purposive sampling technique, that is all the staff offices involved in the process of budget designing and those who had fully understood how was the performance of the relevant agency offices according the design budgetary. The data were obtained by using survey with questionnaires measured by Liker scales.The analysis was conducted by using multiple regression supported by SPSS version 19 program. The results of the study indicated that budgeting participation, budget emphasis, locus of control, self-esteem and internal control system had partially significant effect on the budgetary slack. In relation to the findings it could be said that simultaneously budgeting participation, budget emphasis, locus of control, self-esteem and internal control system had a significant effect on the budgetary slack.keyword : budgeting participation, budget emphasis, locus of control, self-esteem and internal control system and the budgetary slack
ANALISIS KOMPARASI PENGARUH FAKTOR EKONOMI MAKRO, EARNING PER SHARE, DAN RETURN ON EQUITY TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DALAM INDEKS LQ45 DAN JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2015-2017 Suryantini, Luh Putu; Wahyuni, Made Arie
JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha Vol 9, No 3 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jimat.v9i3.20427

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inflasi, nilai tukar, earnings per share dan return on equity terhadap return saham pada indeks LQ45 dan Jakarta Islamic Index (JII). Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan penelitian kuantitatif karena data yang digunakan adalah berbentuk angka. Sumber data berupa data sekunder yang diperoleh melalui website Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan kategori saham indeks LQ45 dan Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2015-2017 yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia yang berjumlah 75 perusahaan dikalikan 3 tahun menjadi 225 perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan menggunakan beberapa kriteria. Sehingga sampel yang dihasilkan adalah sebanyak 35 perusahaan dalam periode 2015-2017. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda berbantuan program SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inflasi, nilai tukar, earning per share, dan return on equity secara parsial menunjukkan berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham pada indeks LQ45 dan Jakarta Islamic Index (JII). Sementara itu, kedua indeks dinyatakan memiliki pengaruh yang sama dengan variabel inflasi, nilai tukar, earnings per share, dan return on equity, tetapi pengaruhnya lebih banyak pada indeks Jakarta Islamic Index (JII) daripada indeks LQ45. Kata kunci: inflasi, nilai tukar, earnings per share, return on equity, return saham
PENGARUH PEMAHAMAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH DAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN TERHADAP PENYUSUNAN DAN PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi pada Satuan Kerja Perangkat Daerah di Kabupaten Klungkung) ., Wayan Kusuma Wiraputra; ., NI KADEK SINARWATI, SE., M.Si.Ak.; ., Nyoman Trisna Herawati, SE.AK,M.Pd.
JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha Vol 2, No 1 (2014):
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jimat.v2i1.2886

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman standar akuntansi pemerintah dan latar belakang pendidikan terhadap penyusunan dan penyajian laporan keuangan pemerintah daerah. SKPD Kabupaten Klungkung menjadi lokasi penelitian ini. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pegawai bagian akuntansi dan keuangan. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari responden melalui penyebaran kuesioner. Selanjutnya untuk pengujian data dilakukan uji validitas, uji reliabilitas dan pengujian hipotesis. Data yang diperoleh kemudian dilakukan analisis regresi linier berganda antara variabel independen dengan variabel dependen baik secara simultan maupun secara parsial. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa, (1) pemahaman SAP berpengaruh positif terhadap penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah, (2) latar belakang pendidikan berpengaruh positif terhadap penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah, (3) pemahaman SAP dan latar belakang pendidikan secara simultan berpengaruh terhadap penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah, (4) pemahaman SAP berpengaruh positif terhadap penyajian laporan keuangan pemerintah daerah, (5) latar belakang pendidikan berpengaruh positif terhadap penyajian laporan keuangan pemerintah daerah, (6) pemahaman SAP dan latar belakang pendidikan secara simultan berpengaruh penyajian laporan keuangan pemerintah daerah. Kata Kunci : Latar belakang pendidikan, pemahaman standar akuntansi pemerintah, penyajian laporan keuangan, penyusunan laporan keuangan. This study was aimed at finding out the effect of the understanding about government accounting standard and educational background on the drafting and and presentation of the region’s government financial reports. Klungkung Regency Region Workforce Units were the sites of this study. The sample used in this study consisted of the accounting and financial division workers. The data used was primary data obtained from the respondents through the distribution of questionnaires. Furthermore, to test the data, validity testing, reliability testing and hypothesis testing were carried out. The obtained data was analyzed using multiregression analysis between the independent and the dependent variables both simultaneously and partially. Based on the results it was found that, first, the understanding about the government accounting standard and educational background had partially a positive effect on the drafting and presentation of the region’s government financial reports. Second, the understanding about the government accounting standard and educational background had simultaneously a positive effect on the drafting and presentation of the region’s government financial reports. Third, the understanding about government accounting standard and educational background had partially a positive effect on the presentation of the region’s government financial reports. Fourth, the understanding about the government accounting standard and educational background had simultaneously a positive effect on the presentation of the region’s government financial reports. keyword : Educational background, understanding about government accounting standard, presentation of financial reports, drafting of financial reports.
Analisis Realisasi Anggaran Belanja Dalam Rangka Mengukur Efektivitas Dan Efisiensi Penyerapan Anggaran Belanja Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (DISDUKCAPIL) Kota Magelang Periode 2015 – 2019 Prasetyo, Wahyu Heri; Nugrahen, Agustina Prativi
JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha Vol 11, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jimat.v11i1.24639

Abstract

Anggaran memiliki peran yang sangat penting bagi entitas bisnis maupun entitas sektor publik. Anggaran dapat digunakan sebagai pedoman dalam menjalankan tugasnya. Organisasi sektor publik dituntut untuk mempertimbangkan value for money dalam mengambil kebijakan maupun menjalankan kegaiatannya. Dengan mempertimbangkan value for money diharapkan organisasi sektor publik menjalankan kegiatannya secara efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat efektivitas dan efisiensi penyerapan anggaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Magelang periode 2015 – 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan analisis data menggunakan metode pengukuran efektivitas dan efisiensi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa tingkat efektivitas penyerapan anggaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Magelang bervariasi. Presentase tingkat efektivitas tertinggi pada tahun 2019 sebesar 93% dengan kategori efektif. Tingkat efektivitas terendah di tahun 2017 dengan presentase 76,91% (kurang efektif). Untuk tingkat efisiensi penyerapan anggaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Magelang periode 2015 – 2019 secara keseluruhan tidak efisien. Untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi penyerapan anggaran maka diperlukan koordinasi dan kerjasama antara pihak – pihak yang berkepentingan. Kata kunci : anggaran, efektivitas, efisiensi
Pengaruh Debt To Equity Ratio, Kepemilikan Manajerial, Return On Assets, Dan Current Ratio Terhadap Dividend Payout Ratio (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2009-2013) ., Madarina Laili; ., Nyoman Ari Surya Darmawan, S.E., Ak.; ., NI KADEK SINARWATI, SE., M.Si.Ak.
JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha Vol 3, No 1 (2015):
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jimat.v3i1.5319

Abstract

Kebijakan dividen adalah kebijakan yang menciptakan keseimbangan dividen saat ini dan pertumbuhan di masa mendatang sehingga dapat memaksimumkan harga saham perusahaan. Perusahaan harus membuat kebijakan yang berkaitan dengan kegiatan investasi secara tepat untuk maksimalisasi keuntungan dan nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Debt to Equity Ratio (DER), Kepemilikan Manajerial, Return on Assets (ROA), dan Current Ratio (CR) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada perusahaan maufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2009-2013 dengan menggunakan ICMD 2009-2013 didapat 10 sampel perusahaan yang telah memenuhi kriteria tertentu yang telah disesuaikan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS versi 19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh negatif, Kepemilikan Manajerial berpengaruh negatif, dan Current Ratio (CR) berpengaruh negatif, sedangkan Return on Assets (ROA) berpengaruh positif terhadap Dividend Payout Ratio (DPR).Kata Kunci : Debt to Equity Ratio, Return On Assets, Kepemilikan Manajerial, Current Ratio, Dividend Payout Ratio A dividend policy is a policy to create the balance of the current policy and the future growth in order to maximize the stock prices of the companies. A company should have to make a policy in relation to the accurate investment activity in order to maximize the profit and the company’s values. This study was conducted in order to find out the effect of Debt to Equity Ratio (DER), mamagerial ownership, Return on Assets (ROA), and Current Ratio (CR) on the Dividend Payout Ratio (DPR) at the manufacture companies listed in the Indonesian Stock Exchange during 2009-2013; based on ICMD 2009-2013 it was found 10 samples of companies meeting the required and appropriate criteria. The samples were selected by using teknik purposive sampling technique. The analysis data was conducted in this study based on multiple linear regression aided by SPSS 19. The results indicated that the variables of Debt to Equity Ratio (DER) had a negative effect, managerial ownership had a negative effect, and Current Ratio (CR) had a negative effect, while Return on Assets (ROA) had a positive effect on the Dividend Payout Ratio (DPR).keyword : Debt to Equity Ratio, Return On Assets, Managerial Ownership, Current Ratio, Dividend Payout Ratio
Pengukuran Kinerja Menggunakan Metode Performance Prims (Studi Kasus Hotel Aneka Lovina) ., Komang Sonia Kartika Dewi; ., Ni Luh Gede Erni Sulindawati, SE. Ak,M; ., Anantawikrama Tungga Atmadja,SE,Ak.,M.
JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha Vol 7, No 1 (2017):
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jimat.v7i1.9666

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Hotel Aneka Lovina yang diukur dengan metode Performance Prism. Pengukuran kinerja dengan metode Performance Prism ini terdiri dari lima perspektif, yaitu stakeholder satisfaction (kepuasan stakeholder), stakeholder contribution (kontribusi stakeholder), strategy (strategi), process (proses), dan capability (kapabilitas).Selain itu, dalam metode performance prism lebih mengedepankankepuasan stakeholder, dimana kinerja hotel Aneka Lovina sangat dipengaruhi oleh kepuasanstakeholder. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupawawancara, performance measurement sheet, dan dokumentasi.Informan dalam penelitianini dipilih secara purposive.Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu teknik analisisdata kualitatif, yaitu wawancara untuk menganalisis stakeholder dan perspektif dalamperformance prism, dan model kuantitatif TEV untuk menganalisis performancemeasurement sheet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kinerja hotel Aneka Lovina 3.800 adalah sebesar 3, dalam skala likert 5 nilai kinerja ini dikategorikan baik. Dari 25 key performanceindicator yang berhasil diidentifikasi terdapat 16 key performance indicator yangdikategorikan sangat baik, 1 key performance indicator dikategorikan baik, 3 keyperformance indicator yang dikategorikan cukup, 1 key performance indicator yangdikategorikan kurang, dan 4 key performance indicator yang dikategorikan sangat kurang. Kata Kunci : pengukuran kinerja, performance prims, key performance indicator,model kuantitatif TEV, performance measurement sheet This study aimed at investigating the performance of Aneka Lovina Hotel measured using the Performance Prism Method. Performance measurement using the Performance Prism consisted of five perspectives, namely stakeholders’ satisfaction, stakeholders’ contribution, strategy, process, and capability. In addition, in the Performance Prism method, stakeholders’ satisfaction was given priority as the performance of Aneka Lovina Hotel was highly influenced by stakeholders’ satisfaction. This study was a descriptive study. The techniques of collecting data applied were interview, performance measurement sheet and documentation. Informants were selected purposively. The technique of analysing data applied was qualitative data analysis, that was interview to analyze the stake holders and the perspectives in the performance prism and TEV Quantitaive method to analyze the performance measurement sheet. The results of the analysis showed that the score of the performance of Aneka Lovina Hotel 3.800 was 3 out of 5 in Likert scale. This score was categorized as good. Out of 25 key performance indicators identified, 16 of them were categorized as very good, 1 of them was categorized as good, 3 were categorized adequate, 1 was categorized as poor, and 4 of them were categorized as very poor. keyword : performance measurement, performance prims, key performance indicator, TEV quantitative model, performance measurement sheet
Pengaruh Efektivitas Sistem Perpajakan, Akuntabilitas Pelayanan Publik dan Penyuluhan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus di KPP Pratama Gianyar) ., Ni Kadek Kiki Kurniawati; ., I Nyoman Putra Yasa, S.E., M.Si.; ., Putu Sukma Kurniawan, S.T., M.A.
JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha Vol 8, No 2 (2017):
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jimat.v8i2.14565

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Efektivitas Sistem Perpajakan, Akuntabilitas Pelayanan Publik, dan Penyuluhan Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di KPP Pratama Gianyar. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Gianyar. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Skala pengukuran yang digunakan dalam kuesioner adalah skala likert. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Kuesioner diberikan kepada responden yang dapat ditemui secara langsung atau secara kebetulan sedang berada di KPP Pratama Gianyar (accidental sampling). Untuk mengetahui keabsahan data, dilakukan uji kualitas data yang terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas. Setelah memenuhi uji kualitas data, maka dilakukan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji t, uji F, dan koefisien daterminasi. Data dianalisis dengan menggunakan metode regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah Efektivitas Sistem Perpajakan, Akuntabilitas Pelayanan Publik, dan Penyuluhan Perpajakan berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di KPP Pratama Gianyar baik secara individu maupun secara bersama. Kata Kunci : efektivitas, akuntabilitas, penyuluhan, dan kepatuhan This study aimed at determining the effects of the of tax system effectiveness, publicly accountable entities, and tax support on the tax-payer compliance in KPP Pratama Gianyar. The population in this study was an individual tax-payer registered in KPP Pratama Gianyar. The primary data in this study were obtained through the distribution of questionnaires. The measurement scale used in the questionnaire was the Likert scale. The sampling technique used in this research was accidental sampling. Questionnaires were distributed to respondents who were met directly or by chance. To determine the validity of the data, they were tested through the validity and reliability test. After conducting the data quality test, the classical assumption test was carried out, consisting of normality test, multicollinearity test, and heteroscedasticity test. The hypothesis was tested with the t-test, F test, and determinatient coefficient test. The data were analyzed by using multiple linear regression method. The results of this study showed that the tax system effectiveness, publicly accountable entities, and tax support have affected the tax-payer compliance in KPP Pratama Gianyar either individually or collectively. keyword : effectiveness, accountable, support, and compliance
PENGARUH INTELECTUAL CAPITAL, CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN (Studi Kasus Pada Perusahaan BUMN yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2011-2013) ., Wahyuni Agustina; ., Gede Adi Yuniarta, SE.AK; ., NI KADEK SINARWATI, SE., M.Si.Ak.
JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha Vol 3, No 1 (2015):
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jimat.v3i1.4726

Abstract

Abstrak Perusahaan akan selalu berupaya untuk mencapai tujuannya dengan meningkatkan efisiensi dan efektivitas perusahaan. Salah satu upaya dalam pencapaian tujuan perusahaan adalah dengan meningkatkan Intelectual Capital, Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh Intelectual Capital, Corporate Social Responsibility, dan Good Corporate Governance terhadap kinerja keuangan perusahaan. Data penelitian ini menggunakan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan BUMN Non Keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2011-2013. Data diambil dari annual report perusahaan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 perusahaan setelah diseleksi dengan menggunakan metode purposive sampling. Alat uji hipotesis yang digunakan yaitu regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS 19,00. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Intelectual Capital, Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan secara parsial. Hasil uji hipotesis secara simultan juga menunjukan bahwa Intelectual Capital, Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan. Kata Kunci : Kata Kunci: Intelectual Capital, Corporate Social Responsibility, Good Corporate Governance, Kinerja Keuangan. Abstract A company will always attempt to reach its goal by increasing its efficiency and effectiveness. One of the ways to achieve the goal is by improving Intellectual Capital, Corporate Social Responsibility and Good Corporate Governance. This study was conducted with the aim of finding empirical evidence about the effect of Intellectual Capital, Corporate Social Responsibility, and Good Corporate Governance on financial performance of the company. The data used secondary data. The population consisted of nonfinancial State Owned Companies (BUMN) listed on Bursa Efek Indonesia in the period of 2011-2013. The data were collected from annual reports of the companies. The sample consisted of 15 companies selected using purposive sampling. The hypothesis was tested by using multiple linear regression using Program SPSS 19.00. The results showed that, partially, Intellectual Capital, Corporate Social Responsibility and Good Corporate Governance have an effect on the financial performance of the companies. The hypothesis testing showed that simultaneously, Intellectual Capital, Corporate Social Responsibility and Good Governance have an effect on financial performance of the companies. keyword : Keywords: Intellectual Capital, Corporate Social Responsibility. Good Corporate Governance, Financial Performance.

Page 1 of 300 | Total Record : 2997