Jurnal Pendidikan Fisika
Vol 11, No 2 (2022)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MOODLE DENGAN EDMODO

Mariati Purnama Simanjuntak (Universitas Negeri Medan)
Magdalena Simbolon (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2022

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan penerapan learning management system (LMS) berbasis moodle, edmodo dan dengan pembelajaran konvensional. Populasi penelitian siswa kelas X yang terdiri dari 9 kelas yang berjumlah 270 siswa di salah satu sekolah di Sumatera Utara. Sampel penelitian diambil tiga kelas yaitu; kelas X MIA-4 untuk kelas eksperimen , kelas X MIA-5 untuk kelas eksperimen  dan kelas X MIA-9 untuk kelas kontrol (y), masing-masing kelas berjumlah 20 orang siswa.  Jenis penelitian eksperimen semu menggunakan desain three group pretest-posttest. Instrumen terdiri dari tes pilihan ganda sebanyak 20 soal yang sudah divalidasi. Hasil nilai pretest kelas eksperimen  sebesar 31,50, kelas eksperimen  sebesar 32,50 dan kelas kontrol (y) sebesar 27,50. Hasil nilai post-test kelas eksperimen  sebesar 85,00, kelas eksperimen  sebesar 82,75 dan kelas kontrol (y) sebesar 67,25. Persentase peningkatan N-gain hasil belajar kelas eksperimen  sebesar 78% kategori tinggi, kelas eksperimen  sebesar 74% kategori tinggi, dan kelas kontrol (y) sebesar 53% kategori sedang. Berdasarkan hasil uji anava satu arah terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan penerapan LMS berbasis moodle, edmodo dan konvensional. Berdasarkan uji beda (uji-t) diperoleh: 1) hasil belajar dengan penerapan LMS berbasis moodle lebih baik daripada penerapan edmodo dan pembelajaran konvensional; dan 2) hasil belajar dengan penerapan LMS berbasis edmodo lebih baik daripada konvensional.

Copyrights © 2022