Resona : Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat
Vol 6, No 2 (2022)

MENGEMBANG MINAT LITERASI BACA UNTUK ANAK USIA DINI DAN REMAJA (DESA LOPAK ALAI KEC. KUMPEH ULU KAB. MUARO JAMBI)

A A Musyaffa (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
Siti Asiah (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
Anwar Shiddiq (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
Andi Malik (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
Eko Sunardinata (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
M. Iqbal Lubis (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
Innayatu Mobarkah (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
Khairunissa Khairunissa (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
Linda Nuranisa (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
Marta Yuliana (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
Sofiana Nur Afifah (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
Wulandari Fitrianingtias Fitrianingtias (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2022

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bagian dari proses pendidikan yang berhubungan erat dengan pembinaan mahasiswa secara utuh serta pengembangan maupun peningkatan kemampuan masyarakat. Pada pengabdian masyarakat ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif adapun sampel kegiatan ini pada anak Usia Dini dan remaja , dimana respon anak-anak dan remaja untuk membaca dan belajar dengan adanya program literasi teras baca, Model literasi ini memberikan suatu hasil adanya peningkatkan dalam pembentukan karakter pada anak usia dini dan Remaja, berdasarkan hasil survey terjadi peningkatan pada awal kegiatan 46 % setelah kegiatan adanya peningkatan perubahan menjadi 85 % pembentukan karkateristik.  Abstract. The real work lecture (KKN) is part of the educational process that is closely related to the development of students as a whole as well as the development and improvement of community abilities. In community service this uses descriptive research with a quantitative approach while the sample of this activity is in early childhood and adolescents, where the response children and adolescents to read and learn with the literacy program reading core. This literacy model provides a result of an increase in character formation in early childhood and adolescents, based on the survey results there was an increase at the beginning of the activity 46% after the activity there was an increase in change to 85 % formation of characteristic.

Copyrights © 2022