Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol 6, No 3 (2022)

Profil Aspek Ekstrapolasi Pemahaman Konsep Kinematika Gerak Lurus di SMA Negeri 8 Kota Bengkulu

Rili Pranata (Pendidikan Fisika FKIP Universitas Bengkulu)
Ahmad Syarkowi (Pendidikan Fisika FKIP Universitas Bengkulu)
Andik Purwanto (Pendidikan Fisika FKIP Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini mengidentifikasi aspek ekstrapolasi pemahaman konsep peserta didik sehingga menjadi bahan evaluasi supaya pembelajaran lebih efektif dan meningkatkan capaian pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek ekstrapolasi pemahaman konsep kinematika gerak lurus di SMA Negeri 8 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode cross sectional survey. Teknik pengumpulan data berupa tes terdiri dari soal pilihan ganda sebanyak delapan butir. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif kuantitatif. Responden terdiri dari 72 peserta didik SMA Negeri 8 Kota Bengkulu kelas X. Penelitian ini menunjukkan bahwa aspek ekstrapolasi pemahaman konsep peserta didik pada materi gerak lurus dinilai sedang, hasil pemahaman konsep dengan nilai rata-rata 42,93%. Peserta didik paling banyak menjawab benar pada indikator menyimpulkan fenomena gerak dalam kehidupan sehari-hari persentase sebesar 67%. Dilain pihak untuk indikator paling sedikit menjawab benar yaitu pada indikator menyimpulkan besar jarak tempuh dari suatu pergerakan dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan persentase sebesar 38%. This study identified aspects of extrapolation of students' conceptual understanding so that they become evaluation materials so that learning is more effective and improves learning outcomes. This study aims to describe the extrapolation aspect of understanding the kinematics concept of straight motion at SMA Negeri 8 Bengkulu City. The research method used was a cross-sectional survey method. The data collection technique was in the form of a test consisting of eight multiple-choice questions. The data analysis technique used is quantitative descriptive analysis. Respondents consisted of 72 students of SMA Negeri 8 Bengkulu City class X. This study showed that the extrapolation aspect of students' conceptual understanding of straight motion material was rated moderate, the result of understanding the concept with an average score of 42.93%. Most students answered correctly on the indicator of concluding motion phenomena in everyday life, with a percentage of 67%. On the other hand, the indicator at least answers correctly; namely, the indicator concludes the distance travelled from a movement with constant speed and straight motion with constant acceleration; the percentage is 38%. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika publishes articles from research in the field of physics education, which have not been published elsewhere. This Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is periodically published by the Physics Education Study Program, Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher ...