Jurnal Komunikasi
Vol 16, No 2 (2022): September

Event Tourism sebagai Branding dan Strategi Pemulihan Ekonomi Masyarakat Kamal pada Masa Transisi Endemi Covid-19

Fachrur Rozi (Univesritas Trunojoyo Madura)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Kamal adalah salah satu desa yang berada di Kecamatan Kamal Bangkalan Madura. Sebagai Desa yang berhadapan langsung dengan Kota Surabaya, Kamal memiliki histori penting pada kemajuan Madura, Bahkan Kamal pernah menjadi pusat perekonomian di Madura. Kita tahu sejak berdirinya jembatan Suramadu disusul pandemi covid 19 perekonomian disana tidak stabil. Pada prespektif lain memang betul keberadaan pelabuhan di Desa Kamal merupakan sumber kekuatan utama pada perekonomian masyarakat, namun desa ini masih memiliki daya tarik wisata yang belum disadari oleh masyarakat disana. Penulis pernah melakukan riset, dan hasilnya terbukti bilamana di Desa Kamal terdapat kegiatan pasti ramai dan mendapat dukungan dari instansi terkait. Artinya konsep event tourism merupakan strategi dalam pemulihan ekonomi masyarakat Kamal sendiri dimasa Transisi endemi Covid 19.

Copyrights © 2022