Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia
Jurnal Ilmiah Indonesia

Strategi Pembelajaran Hadis pada Pendidikan Anak Usia Dini

Hariani, Masriah (Unknown)
Sulaiman, Sulaiman (Unknown)
Wahdini, Erny (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2022

Abstract

Terkadang anak kurang memperhatikan perilaku dalam kehidupan sehari-hari, seperti makan dan minum sambil berdiri, tidak membaca doa pada setiap kegiatan, tidak menjaga kebersihan lingkungan, berbohong, berkelahi, berebut mainan, dll. Tingkah laku manusia saat ini cenderung ke arah tingkah laku yang langsung dan praktis, berharap segalanya serba cepat. Sering dijumpai tindakan instan yang dilakukan tanpa memperhatikan nilai-nilai moral dan agama yang berlaku. Tujuan penelitian untuk mengetahui strategi pembelajaran hadis pada PAUD. Dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan desain multi situs pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Tahapannya meliputi reduksi, penyajian dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh PAUD Qur’an Cahaya Ar Raudhah dan PAUD Terpadu Shabwa Amanah Kota Banjarbaru yaitu 1)Perencanaan direncanakan sebelum pembelajaran dimulai dilakukan oleh guru bekerjasama dengan kepala PAUD, perencanaan pembelajaran Hadis direncanakan bersama dengan pembelajaran lainnya. Target satu minggu satu materi hadis menyesuaikan dengan kemampuan anak usia dini bertujuan untuk meneladani sikap Rasul dan membiasakan berakhlak seperti akhlak Rasul. 2)Pelaksanaan setiap hari setelah membaca doa, membaca asmaul husna, dan surah pendek. Materi Hadis yaitu kebersihan sebagian dari iman, berprilaku jujur, surga di bawah telapak kaki ibu, kasih sayang, larangan marah, cinta tanah air, larangan makan dan minum berdiri, saling memberi hadiah, berdoa yuk dan tersenyum. Metode pembelajaran yaitu pembiasaan, gerakan sambil bernyanyi dan demonstrasi. Media pembelajaran menggunakan benda-benda disekitar, media kertas bergambar yang didalamnya ada gambar dan hadis yang berwarna dan media melalui video kartun. Cara mengembangkan aspek perkembangan anak melalui pembelajaran Hadits yaitu dilaksanakan secara klasikal dan individual. 3) Penilaian yaitu dilaksanakan oleh guru kelompok dan guru yang dibentuk dalam bentuk tim dengan penilaian harian dan penilaian semester.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

syntax-literate

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Pandemi Covid-19 ini menyebabkan terjadinya pencurian di berbagai daerah di Indonesia. Banyak pencuri melakukan tindakan mencuri karena kekurangan uang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya akibat pandemi Covid-19. Hal tersebut membuat aparat harus memberikan sanksi kepada pencuri. Permasalahan dalam ...