Akuntabel : Jurnal Ekonomi dan Keuangan
Vol 19, No 4 (2022): Desember

Pengaruh communication dan opportunistic behavior control terhadap trust dan dampaknya pada customer loyalty

Lorine Kalista Noor (Unknown)
Vera Anitra (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur)
Nur Endah Ramayanti (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur)
Hudyah Astuti Sudirman (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur)
Muhammad Iqbal Pribadi (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur)
Anang Zhikri Ananta (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk Menguji dan membuktikan serta menganalisis pengaruh shared values, communication, opportunistic behavior control, terhadap trust serta dampaknya terhadap customer loyalty pada sistem e- commerce. Model yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM). Variabel penelitian adalah Communication (X1), Opportunistic Behavior Control (X2), Trust (Y) dan Customer Loyalty (Z). Populasi penelitian adalah orang yang menggunakan Shopee di Samarinda, dengan jumlah sampel yang sudah ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 130 responden. Berdasarkan hasil pengujian dapat ditarik kesimpulan bahwa communication dan opportunistic behavior control berpengaruh positif signifikan terhadap trust dan trust berpengaruh positif dan signifikan terhdap customer loyalty pelanggan shopee di Samarinda terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

AKUNTABEL

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Other

Description

AKUNTABEL: Jurnal Akuntansi dan Keuangan is a scientific journal in the field of accounting and finance published twice a year (in Marc & Sept). Faculty of Economics and Business Mulawarman ...