JPIn : Jurnal Pendidik Indonesia
Vol 5, No 2: Oktober 2022

VALIDASI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS CANVA PADA MATERI IMPULS DAN MOMENTUM DI KELAS X SMKN 4 KERINCI

Enny Zarvianti (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Sungai Penuh)
Dwitri Pilendia (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Sungai Penuh)
Lobis Sandra (Pendidikan Fisika, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Sungai Penuh)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Penggunaan media pembelajaran merupakan alat bantu pendidik yang dapat membantu proses penyampaian pelajaran, tercapainya tujuan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, dan guru diharapkan menyiapkan media pembelajaran yang kreatif, serta berfikir inovatif untuk mendesain media pembelajaran agar mampu menarik perhatian peserta didik. Peserta didik kurang memahami materi yang di sampaikan guru, sehingga mereka tidak mampu menyimpulkan materi yang disampaikan. Terlihat dari data hasil belajar siswa dengan persentase ketuntasan hanya 62,93%. Guru membutuhkan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif agar dapat mendorong pemahaman peserta didik dan minat belajar peserta didik terhadap. Salah satu media pembelajaran yang digunakan dengan menggunakan media  pembelajaran berbasis Canva. Dalam pengembangan media pembelajaran berbasis Canva dilakukan beberapa tahap pengujian salah satunya tahap pengujian Validitas untuk mengetaahui layak atau tidaknya media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Dengan model pengembangan 4-D (Four D) Instrumen penelitian yang dilakukan menentukan kevalidan, praktikalitas, dan efektifitas media pembelajaran Canva dalam penerapannya. Untuk mengetahui validitas media yang dikembangkan, maka dibuat angket respon ahli yang dibagi menjadi dua tahap, yaitu validasi media dan validasi materi. Hasil dari penelitian ini  dihitung menggunaakan rumus Aiken’s dan diperoleh rata-rata nilai vaiditas media pembelajaran berbasis Canva yaitu 0,85 dengan kategori “Valid”. Serta hasil uji validitas ahli materi dan ahli bahasa media pembelajaran Canva dengan rata-rata 0,713 dengan kategori Valid yang tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Canva pada materi Impuls dan Momentum kelas X TBSM valid dan layak digunakan sebagai salah satu media pembelajaran layak digunakan sebagai bahan ajar untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPIn

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) mempublikasikan artikel kajian teori atau penelitian terkait dengan Pendidikan. JPIn menerima publikasi dari guru-guru (PAUD, SD, SMP, SMA), Dosen, serta dari pemerhati dan peneliti ...