JURNAL PENDIDIKAN GLASSER
Vol 7, No 1 (2023)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJEK BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN DAN MINAT MENULIS BAHASA INDONESIA KELAS IV

Mukhsinah Mukhsinah (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Erwin Akib (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Muhammad Akhir (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2023

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kemampuan dan minat menulis bahasa Indonesia  siswa kelas IV SD dengan model pembelajaran PBL. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, deskriptif inferensial dalam penelitian ini diberikan perlakuan tertentu (treatment), yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian dari populasi dengan Teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner kemampuan menulis dan minat menulis serta proyek membuat puisi serta dokumentasi.  Tehnik analisis data yang digunakan yaitu pertama dengan menggunakan pendekatan statistik deskriptif, uji prasyarat, dan uji hipotesis Manova. Hasil penelitian, uji hipotesis manova ditemukan nilai signifikansi media pembelaajran berbasis proyek terhadap keterampilan menulis Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV adalah 0.000 < 0.05 yang berarti bahwa Ho di tolak dan H1 diterima, dengan pengambilan keputusan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran berbasis proyek (PBP) terhadap kemampuan menulis Bahasa Indonesia siswa kelas IV; 3) berdasarkan uji multivariate di atas ditemukan nilai sig 0.000 < 0.05 yang berarti bahwa Ho di tolak dan H1 diterima, dengan pengambilan keputusan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran berbasis proyek (PBP) terhadap minat menulis Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

glasser

Publisher

Subject

Education

Description

Glasser is an education journal that published twice a year in April and October. Glasser journal aims to publish conceptual, review, and research from tecahers, scientiests, and other schorals which expert in education ...