Jambura Economic Education Journal
Vol 5, No 1 (2023): JANUARY 2023

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REWIEW HORAY TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SDN 29.4 MAJANNANG

Syarini Syarini (Pendidikan Ekonomi, Pascasarjana Universitas Patompo Makassar1, Universita Patompo Makassar2, Universitas Patompo Makassar3)
Husain AS (Unknown)
Suarlin Suarlin (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2022

Abstract

Guru dikatakan berhasil dalam mendidik siswa apabila motivasi dan hasil belajar diperoleh dengan optimal. Penelitian ini bertujuan mengatahuai pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay terhadapat motivasi dan hasil belajar siswa pada muatan pembelajaran IPS Kelas IV SDN 29.4 Majannang. Motode yang peneliti gunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Sampel penelitian mengunakan teknik rondom sampling sehingga terdapat dua kelas terpilih yakni kelas eksperimen dan kelas control. Teknik pengumpulan datang yang digunakan adalah tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif berupa uji persyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian melaporkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay terhadap motivasi dan hasil belajar siswa, yang ditandai dengan perolehan nilai traf signifikansi 0,00 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe course review horay harus diperdayakan di sekolah dengan baik karena memiliki  pengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jej

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

The Jambura Economic Education Journal (JEEJ) aims to help researchers, students and lecturers publish their works for public audiences and find new connections. The Jambura Economic Education Journal (JEEJ) considers original research articles and reviews articles in the field of research on ...