Nalar: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
Vol. 1 No. 1 (2022): April, NALAR: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI BERBASIS WONDERSHARE QUIZ CREATOR PADA MATA PELAJARAN IPS SMK

Wawan Wibisono (Universitas 17 Agustus 1945 Semarang)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2022

Abstract

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat evaluasi hasil belajar IPS berbasis Wondershare Quiz Creator. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Tahapan penelitian meliputi tahap studi pendahuluan; tahap pengembangan; tahap evaluasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan, peristiwa, aktifitas, perilaku, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, studi dokumentasi, angket, dan tes. Uji objektivitas data menggunakan triangulasi metode. Teknik analisis menggunakan analysis interactive models dan deskriptif presentase. Hasil akhir penelitian ini adalah menghasilkan alat evaluasi hasil belajar IPS berbasis Wondershare Quiz Creator yang memenuhi standar validitas dan uji efektifitas karena telah memenuhi kriteria: penilaian validator materi dan validator media baik. hasil uji coba pada peserta didik tuntas secara klasikal. tanggapan peserta didik baik. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah pengembangan alat evaluasi Wondershare Quiz Creator telah menghasilkan produk berupa alat evalusi berbasis Wondershare Quiz Creator yang memenuhi kriteria valid dan efektif untuk digunakan dalam evaluasi pembelajaran IPS. Kedepannya para guru dapat menerapkan alat evaluasi ini dalam kegiatan evaluasi di sekolah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

nalar

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Seputar isu terkait kajian pendidikan dan kebudayaan yang meliputi bidang ilmu-ilmu pendidikan, budaya, kearifan lokal, masyarakat adat, tradisi, ritual, mitos, dan hasil kebudayaan ...