Metal Indonesia
Vol 44, No 2 (2022): Metal Indonesia

Analisis Struktur Mikro dan Kekuatan Aus Rel Kereta Api Tipe R54 Divre IV Tanjung Karang

Eko Pujiyulianto (Program Studi Teknik Mesin, Institut Teknologi Sumatera (ITERA))
Fajar Paundra (Program Studi Teknik Mesin, Institut Teknologi Sumatera (ITERA))
Jukepri Brain Meliala (Program Studi Teknik Mesin, Institut Teknologi Sumatera (ITERA))
Hadi Teguh Yudistira (Program Studi Teknik Mesin, Institut Teknologi Sumatera (ITERA))
Amelia Oktavia (Program Studi Teknik Perkeretaapian, Institut Teknologi Sumatera (ITERA))
M. Fahan Sidik (Program Studi Teknik Mesin, Institut Teknologi Sumatera (ITERA))
M. Rafi Kurniawan (Program Studi Teknik Mesin, Institut Teknologi Sumatera (ITERA))
Fuad Mulkan Al Machzumy (Program Studi Teknik Mesin, Institut Teknologi Sumatera (ITERA))



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa struktur mikro dan ketahanan aus material rel R54 yang telah digunakan di divre IV tanjung karang. Beberapa pengujian yang dilakukan adalah pengujian komposisi kimia pada bagian kepala dan bagian badan dengan menggunakan spektrometri, pengujian struktur mikro dengan menggunakan mikroskop optik, dan pengujian keausan dengan metode Ogoshi. Hasil penelitian menunjukan bahwa bagian kepala dan bagian badan memiliki komposisi kimia yang sama dimana unsur paduan utamanya adalah C, Si, Mn. Unsur Cr ditemukan pada material R54 yang dianalisis. Hasil pengujian struktur mikro menunjukan bahwa fasa yang terbentuk adalah perlit dimana pada bagian kepala berbentuk perlit halus dan pada bagian badan dan kaki berbentuk perlit kasar. Retakan ditemukan pada permukaan rel. hasil pengujian aus menunjukan bahwa nilai keausan spesifik material rel R54 adalah 1,606 x 10-8 mm2/kg.

Copyrights © 2022