cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Metal Indonesia
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Arjuna Subject : -
Articles 156 Documents
PEMODELAN 3D INTAKE MANIFOLD BERBASIS FITUR haruman wiranegara
Jurnal Metal Indonesia Vol 38, No 1 (2016): Metal Indonesia
Publisher : Balai Besar Logam dan Mesin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32423/jmi.2016.v38.26-30

Abstract

Salah satu upaya untuk untuk menemukan kembali teknologi pembuatan suatu komponen otomotif dari impor adalah dengan melakukan rekayasa peniruan (reverse engineering). Pada penelitian ini telah dilakukan salah satu tahap penting dalam rekayasa peniruan yaitu pemodelan 3D intake manifold. Tujuan penelitian ini adalah menemukan geometrik dan dimensi yang tepat melalui proses pengukuran dan penggunaan fitur yang tepat dalam pemodelan 3D intake manifold. Langkah-langkah yang dilakukan adalah mempelajari fungsi komponen, mempelajari proses manufaktur, mempelajari fitur-fitur yang digunakan pada komponen intake manifold, melakukan pengukuran dengan pemindai 3D dan alat ukur manual, melakukan pemodelan 3D, melakukan pengecekan menyeluruh semua fitur. Hasil menunjukan bahwa semua geometrik dan dimensi intake manifold dapat diidentifikasi dan terbentuk model 3D intake manifold.Kata Kunci: Pemodelan 3D intake manifold, pemindaian 3D, berbasis fitur
Pengujian Mesin Grading Buah Manggis Tipe Piringan Trismiyati -; Sina Jamilah; Hendri Siswanto; Nur Islami Dewi; Robby Debriand Rumbara; Muhammad Yudha Prawira
Jurnal Metal Indonesia Vol 39, No 2 (2017): Metal Indonesia
Publisher : Balai Besar Logam dan Mesin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1114.75 KB) | DOI: 10.32423/jmi.2017.v39.56-62

Abstract

Buah manggis merupakan salah satu jenis buah tropis. Hasil panen buah manggis dipisahkan antara yang baik dan tidak, serta di-grading berdasarkan ukuran. Grading dilakukan petani atau pedagang secara manual dengan SOP yang ada. Waktu, energi, dan biaya yang besar diperlukan untuk teknik ini. Karena itu perlu dilakukan mekanisasi proses grading. Telah dilakukan kajian penelitian-penelitian mekanisasi grading buah manggis dengan berbagai tipe termasuk piringan. Selain itu juga dilakukan survey lapangan ke dinas terkait. Dari hasil kajian, survey, maka dilakukan penelitian rancang bangun dan pengujian mesin grading tipe piringan dengan grade buah manggis adalah A dengan diameter (D) > 64 mm, AA dengan 53 mm < D ≤ 64 mm, dan AAA  dengan D ≤ 53 mm. Pengujian dilakukan dengan variasi kecepatan putar piringan. Hasil yang terbaik adalah pada putaran piringan 68,4 rpm. Dengan putaran piringan tersebut, diperoleh kapasitas mesin rata-rata senilai 641,015 kg/jam. Hasil pengujian menunjukkan bahwa prototipe mesin grading buah manggis sudah dapat berfungsi memisahkan buah manggis sesuai dengan grade-nya. Rasio kontaminasi rata-rata grading  sebesar 31,6 % dengan standar deviasi 12,46 %. Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk penelitian lebih lanjut sehingga bisa digunakan oleh petani, pedagang, dan industri mesin serta industri kecil dan menengah pengolah buah manggis di Indonesia. Kata kunci : Manggis, grading, diameter, kapasitas mesin, rasio kontaminasi
Preface VOL. 36 NO. 1 2014 Jurnal Metal Indonesia
Jurnal Metal Indonesia Vol 36, No 1 (2014): Metal Indonesia
Publisher : Balai Besar Logam dan Mesin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (28.754 KB) | DOI: 10.32423/jmi.2014.v36.%p

Abstract

OPTIMASI SISTEM PEMBERSIHAN JAGUNG PADA MESIN PEMANEN JAGUNG KOMBINASI sina jamilah; trismiyati -; haruman wiranegara; Hafid -
Jurnal Metal Indonesia Vol 39, No 1 (2017): Metal Indonesia
Publisher : Balai Besar Logam dan Mesin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (193.086 KB) | DOI: 10.32423/jmi.2017.v39.1-9

Abstract

Mesin pemanen kombinasi untuk padi dimodifikasi untuk memanen jagung. Agar jagung bisa dipanen dengan mesin tersebut maka diperlukan penyesuaian pada beberapa bagian, salah satunya sistem pembersihan mesin pemanen kombinasi. Hal ini disebabkan oleh perbedaan lahan, pohon, dan buah dari padi dan jagung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kebersihan bulir jagung yang telah terpipil dan membuang sampah yang masuk ke dalam ruang penyaringan sehingga diperoleh pembersihan yang optimal serta mengurangi jagung yang terbuang. Metode penelitian menggunakan reverse engineering dengan mengidentifikasi fungsi dari bagian-bagian sistem pembersihan mesin pemanen kombinasi. Pengujian dilakukan di laboratorium dengan kondisi lantai rata dan datar. Pengujian meliputi kadar air jagung, bentuk dan posisi sieve, lebar celah pembuangan, kemiringan penampung jagung, serta pengaruh putaran engine dan kecepatan angin dari blower. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kadar air jagung 19% menghasilkan jagung pipilan yang bersih. Agar biji jagung dapat bergerak ke area screw pembawa, perlu kemiringan penampung jagung minimal sebesar 20°. Celah pembuangan sampah dibuat sebesar 65 mm supaya sampah tidak tersumbat pada saat pembersihan  butir jagung. Posisi dan bentuk sieve juga berpengaruh terhadap jumlah jagung yang terbuang dan proses penyaringan. Sieve yang dipasang dengan kemiringan 20° berhasil mengurangi jagung yang terbuang menjadi 4,67% pada putaran engine 1500,2 rpm dan  kecepatan angin dari blower sebesar 1,7 – 3,9 m/s. Kata Kunci : sistem pembersihan jagung, modifikasi pengayak, mesin pemanen jagung, parameter pembersihan jagung
PERANCANGAN RANGKA KENDARAAN MESIN PEMANEN JAGUNG KOMBINASI TERHADAP FAKTOR KEAMANAN Martin Doloksaribu; Sony Harbintoro; Agus Juniawan Khairi; Sina Jamilah
Jurnal Metal Indonesia Vol 38, No 2 (2016): Metal Indonesia
Publisher : Balai Besar Logam dan Mesin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (526.72 KB) | DOI: 10.32423/jmi.2016.v38.68-76

Abstract

Pada penelitian ini dilakukan perancangan desain rangka untuk mesin kombinasi pemanen jagung tipe snapping roll-auger thresher. Desain melingkupi bentuk rangka, bentuk profil penyusun rangka dan ketebalan profil. Rangka didesain menggunakan profil kanal C, tubular dan hollow square bar dengan ketebalan 5 mm. Penilaian (scoring) dan simulasi dilakukan untuk menentukan desain rangka yang optimal. Penilaian kemudahan fabrikasi dianalisa secara kuantitatif. Simulasi pembebanan, berat sasis, dan safety factor dilakukan terhadap desain rangka. Analisa kuantitatif kemudahan fabrikasi memberikan nilai 7, 7 dan 10 terhadap bentuk profil kanal C, tubular dan squre. Analisa pada desain rangka dengan kanal C memberikan berat 107 kg, nilai beban maksimal yang diterima 46 MPa, deformasi maksimal 0,079 mm dan SF 5,43. Untuk tubular adalah 46 kg, 112 MPa, 0,492 mm dan SF 2,23. Untuk square adalah 76 kg, 55 MPa, 0,151 mm dan SF 4,55. Desain rangka dengan profil square section merupakan desain rangka dengan tingkat kemudahan fabrikasi paling baik dan memiliki perpaduan berat dan SF yang optimal.Kata kunci: mesin pemanen jagung kombinasi, desain rangka, profil, kemudahan fabrikasi, safety factor
Studi Eksplorasi Motor Bakar Berbahan Bakar Ganda dalam Upaya Mendukung Pengembangan Motor Bakar Berbahan Bakar Gas Alam Sony Harbintoro; Pujiyanto -
Jurnal Metal Indonesia Vol 36, No 1 (2014): Metal Indonesia
Publisher : Balai Besar Logam dan Mesin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (434.192 KB) | DOI: 10.32423/jmi.2014.v36.34-42

Abstract

ABSTRAK Penelitian mengenai eksplorasi motor bakar berbahan bakar ganda dalam upaya mendukung pengembangan motor bakar berbahan bakar gas alam telah dilaksanakan di MIDC Bandung. Pada motor bakar pembakaran dalam, berbahan bakar bensin dan berbahan bakar gas terdapat beberapa perbedaan, studi ini menganalisis dampak dari penggunaan bahan bakar gas terhadap komponenkomponen motor bakar berbahanbakar bensin.Penelitian dilakukan dengan melakukan studi pustaka, pencarian formula perhitungan bahan bakar gas, melakukan identifikasi desain konseptual terhadap motor bakar yang digunakan sebagai objek penelitian, melakukan pengujian performa motor bakar,dan melakukan analisa data. Dari hasil pengujian terhadap motor bakar yang sama dengan menggunakan bahan bakar bensin dan gas LPG didapat data temperatur pada beberapa komponen motor bakar yang berhubungan dengan proses pembakaran. Dari hasil studi didapat bahwa tidak ada perbedaan temperatur yang signifikan pada beberapa komponen motor bakar yang menggunakan bahan bakar bensin dan bahan bakar gas LPG. Kata kunci: eksperimental, motor bakar, berbahan bakar ganda, gas alam
Preface Jurnal Metal Indonesia Vol.39 No.1 Tahun 2017 Admin Jurnal Metal Indonesia
Jurnal Metal Indonesia Vol 39, No 1 (2017): Metal Indonesia
Publisher : Balai Besar Logam dan Mesin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32423/jmi.2017.v39.i-iii

Abstract

Preface VOL. 38 NO. 2 2016 Admin Metal Indonesia
Jurnal Metal Indonesia Vol 38, No 2 (2016): Metal Indonesia
Publisher : Balai Besar Logam dan Mesin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32423/jmi.2016.v38.i-iii

Abstract

RANCANG MAJU SCALE DOWN TURBIN PELTON UNTUK SIMULASI KONDISI LINGKUNGAN Purnawan Nugroho; Agus Juniawan Khairi; Agus Budiman
Jurnal Metal Indonesia Vol 38, No 1 (2016): Metal Indonesia
Publisher : Balai Besar Logam dan Mesin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32423/jmi.2016.v38.21-25

Abstract

Karena setiap turbin pelton itu unik, maka desainer harus melakukan desain runner baru setiap kali akan membuat turbin baru atau turbin pengganti dalam pengembangannya. Selama ini belum ada mesin scale down untuk mensimulasikan kondisi lingkungan turbin bekerja. Mesin scale down ini dibuat untuk mempelajari karakteristik turbin pelton pada lingkungan operasi sesungguhnya. Kegiatan rancang maju merupakan kegiatan perancangan yang dimulai dari nol, yaitu dari mulai pengumpulan parameter-parameter perancangan, hingga menjadi prototip, meliputi penetapan parameter kondisi lapangan, kalkulasi terhadap potensi dan parameter yang tersedia, pemodelan 3D, pembuatan gambar teknik, pembuatan prototip, dan pengujian terhadap prototip. Pembuatan prototip meliputi proses cutting, welding, machining, dan painting.Dalam perancangan scale down Turbin Pelton, potensi lingkungan yang dijadikan parameter perhitungan adalah Head (H), debit aliran (Q), putaran generator yang akan dicapai (N). Dari potensi-potensi lingkungan yang ada tersebut, dapat  dilakukan perhitungan terhadap dimensi sudu Turbin Pelton, yaitu diameter runner (D), jumlah bucket (n), diameter jet optimal (d), lebar bukaan bucket (a), lebar bucket (b), kedalaman bucket (t), tinggi bucket (h). Dari data hasil perhitungan tersebut, dilakukan perancangan model 3D untuk  rancangan bucket, runner, dan konstruksi scale down yang dijadikan dasar untuk proses manufaktur. Kata Kunci : Rancang maju, Scale Down, Turbin Pelton, Lingkungan
Cover Metal Indonesia Vol 39 No 2 2017 Admin Jurnal Metal
Jurnal Metal Indonesia Vol 39, No 2 (2017): Metal Indonesia
Publisher : Balai Besar Logam dan Mesin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32423/jmi.2017.v39.%p

Abstract

Page 1 of 16 | Total Record : 156