Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 7 No. 2 (2022): Volume 07, Nomor 02, Desember 2022

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V

Tiok Wijanarko (Universitas Negeri Padang)
Taofik (PGSD, Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2022

Abstract

Peneilitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik kelas V SD N 3 Sungapan melalui model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan McTaggart. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kemandirian belajar peserta didik. Peningkatan kemandirian belajar peserta didik dapat dilihat dari tes pada siklus 1 sebanyak 13 siswa atau 87,09% telah memenuhi kriteria dan 15 anak (78,9) pada siklus 2.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...