Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 7 No. 2 (2022): Volume 07, Nomor 02, Desember 2022

KONSTRUKSI SOSIAL GURU PADA TEMATIK KURIKULUM 2013 SD BANDA ACEH

Muhammad Nazir Putra (UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan konstruksi sosial guru kelas terhadap Kurikulum 2013, mendeskripsikan implementasi Kurikulum 2013 dan kendala pelaksanaan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran pembelajaran tematik di SD Negeri 4 Banda Aceh. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Teknik analisis dalam penelitian ini dengan menggunakan metode pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa pada penerapan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran tematik serta konstruksi sosial guru kelas terhadap Kurikulum 2013 di SD Negeri 4 Banda Aceh sangat beragam, disebabkan adanya penyesuaian dengan pengalaman yang dialami serta adanya beberapa factor lainnya. Guru dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 pada pembelajaran tematik disesuaikan dengan karakteristik siswa pada penerapannya Kurikulum 2013 adanya berbagai kendala yang bermacam-macam. Kendala yang dihadapi antara lain mengenai keaktifan siswa, kurangnya literasi, penggunaan model dan metode pembelajaran, serta kurangnya pelatihan bagi guru untuk membantu pemahaman guru mengenai penerapan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...