Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan konstruksi sosial guru kelas terhadap Kurikulum 2013, mendeskripsikan implementasi Kurikulum 2013 dan kendala pelaksanaan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran pembelajaran tematik di SD Negeri 4 Banda Aceh. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Teknik analisis dalam penelitian ini dengan menggunakan metode pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa pada penerapan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran tematik serta konstruksi sosial guru kelas terhadap Kurikulum 2013 di SD Negeri 4 Banda Aceh sangat beragam, disebabkan adanya penyesuaian dengan pengalaman yang dialami serta adanya beberapa factor lainnya. Guru dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 pada pembelajaran tematik disesuaikan dengan karakteristik siswa pada penerapannya Kurikulum 2013 adanya berbagai kendala yang bermacam-macam. Kendala yang dihadapi antara lain mengenai keaktifan siswa, kurangnya literasi, penggunaan model dan metode pembelajaran, serta kurangnya pelatihan bagi guru untuk membantu pemahaman guru mengenai penerapan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran.
Copyrights © 2022