Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia
Vol 7 No 3 (2022)

Perbandingan Model Pembelajaran Creative Problem Solving dan Kooperatif Tipe Think Talk Write Berbantuan Geogebra

Zulfikar Zulfikar (Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia)
Zainal Azis (Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia)
Marah Doly Nasution (Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

AbstrakMengingat pentingnya kemampuan berpikir kritis matematis dan komunikasi matematis bagi siswa, maka diperlukan suatu cara yang  tepat untuk mengelola proses pembelajaran yang inovatif sehingga dapat dicerna dengan baik oleh peserta didik agar dapat  menyelesaikan permasalahan dalam pembelajaran matematika. Salah satu model yang dapat digunakan adalah dengan menerapkanmodel pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW). Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran CPS dan TTW terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan komunikasi matematis siswa pada materi Persamaan Garis Lurus. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Swasta YPK Medan yangtersebar dalam 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak sehingga terpilih dua kelas yaitu kelas VIII-A dan VIII-B dengan jumlah siswa 40 orang. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan instrumen tes kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis siswa. Sebelum uji hipotesis penelitian dilaksanakan, telah dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas dengan hasil uji prasyarat data adalah semuanya berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya hipotesis penelitian diuji  menggunakan analisis Anova Dua Jalur. Analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran CPS dan TTW memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata kunci: Pembelajaran berbasis masalah, Kemampuan berpikir kritis matematis, Komunikasi matematis, Geogebra   AbstractConsidering the importance of critical thinking and mathematical communication skills for students, an appropriate way is needed to manage an innovative learning process so that it can be digested properly by students in order to solve problems in learning mathematics. One of the models that can be used is to apply the Creative Problem Solving (CPS) and the Think-Talk-Write (TTW) learning model. This study aims to see the effect of the CPS and TTW learning models on students' mathematical critical thinking and mathematical communication skills on the material of Straight Line Equations. The population of this study were all students of class VIII Junior High School YPK Medan, which was spread over 4 classes. This type of research is quasi-experimental with a test instrument for students critical thinking skills and mathematical communication. Before the research hypothesis test was carried out, a prerequisite test was carried out, namely the normality test and homogeneity test, with the results of the prerequisite test data being all normally distributed and homogeneous. Furthermore, the research hypotheses were tested using two-way ANOVA analysis. The data analysis of this study showed that CPS and TTW learning had a significant positive effect on increasing students' critical thinking skills.  Keywords: Problem-based learning; Mathematical thinking skills; Mathematical communication; Geogebra

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpmr

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Reflesia telah memiliki P-ISSN: 2548-4435 (Media Cetak) dan E-ISSN : 2615-8752 (Media Online) yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu, yang memuat artikel-artikel yang berisi tentang hasil-hasil penelitian, telaah/tinjauan ...