Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Analisis Keterampilan Mengajar Guru dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Tanjungbalai

Sanggam Pardede (Universitas HKBP Nommensen)
Okta Melika Siallagan (Universitas HKBP Nommensen)
Nanny Natania Lumbantobing (Universitas HKBP Nommensen)
Lidia Malumna Manullang (Universitas HKBP Nommensen)



Article Info

Publish Date
23 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa. Variabel prestasi belajar dijadikan alat ukur atas perubahan perilaku yang terjadi pada siswa setelah menerima perlakuan atau pengalaman belajarnya, sedangkan variabel yang diamati dan diukur adalah keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar. Sampel penelitian adalah sampel jenuh yang merupakan total populasi sebanyak 36 orang siswa kelas X SMA Negeri 7 Tanjungbalai. Metode penelitian yang digunakan adalah ex post fact dengan pendekatan deskriptif kuantitatif menggunakan data survei. Analisis data deskriptif digunakan untuk memaparkan permasalahan yang berkaitan dengan prestasi belajar siswa melalui keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar. Tahapan penelitian dilakukan mulai dari uji prasyarat sampai dengan pengujian hipotesis. Dengan analisis data variabel X1, X2 dan Y diperoleh persamaan regresi Y = 42,018 + 0,383X1 + 0,228X2 + 0,618e, artinya setiap peningkatan keterampilan mengajar guru sebesar 1-unit maka prestasi belajar siswa meningkat 0,383-unit dan setiap peningkatan fasilitas belajar 1- unit maka prestasi belajar siswa meningkat 0,228-unit. Temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar secara parsial dan secara bersama-sama.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...