Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kelas III MI Kafilatul Mu’minin

Niftah Apriyani (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Ina Magdalena (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Arry Patriasurya Azhar (Universitas Muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif (Powerpoint) Pada Muatan IPA Kelas 3 MI Kafilatul Mu’minin. Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang mengacu pada model pengembangan Dick & Carey yang terdiri dari : (1) analisis dan identifikasi prioritas kebutuhan,(2) perumusan tujuan produk, (3) penyusunan alat atau instrument evaluasi,(4) penyusunan materi atau produk, (5) penulisan naskah produksi dan story boards, (6) uji coba dan validasi, (7) revisi, (8) produksi akhir. Berdasarkan penilaian para ahli dan angket responden menunjukkan bahwa : (1) penilaian kevalidan media menunjukkan kriteria valid dengan presentase ahli materi 3,8%, presentase ahli media sebesar 85%, (2) penilaian respon siswa memberikan skor rerata 4,6 dari skor 5 dengan kriteria Sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa pengujian penggunaan media ini dalam pembelajaran menunjukkan bahwa prodak layak dijadikan media dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...