Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Peningkatan Keaktifan Belajar Tema 1 Melalui Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas III SD Negeri III Pamotan Tahun Pelajaran 2022/2023

Muhammad Syarif Hidayatullah (Universitas Negeri Yogyakarta)
Pratiwi Pujiastuti (Universitas Negeri Yogyakarta)
Pantes Handayani (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2022

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh kurangnya antusias dan semangat siswa serta pemanfaatan media dalam proses pembelajaran sehingga keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran masih rendah. Presentase nilai keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran yaitu sebesar 20% pada kriteria sangat rendah, 25% pada kriteria rendah, 40% pada kriteria sedang, dan 15% pada kriteria tinggi dengan rata-rata nilai keaktifan mencapai 53%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran tema 1 melalui model discovery learning di kelas III Semester 1 SD Negeri 3 Pamotan Rembang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus terdiri dari dua kali pertemuan tiap siklusnya. Teknik pengumpulan data pada penelitian siswa dan lembar observasi. Hasil penelitian setelah dilakukan tindakan menggunakan model discovery learning berbasis TPACK pada siklus I menunjukkan peningkatan sebesar 72%. Pada siklus II mengalami peningkatan yang cukup signifikan dengan perolehan nilai rata-rata keaktifan peserta didik mencapai 83%. Disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran tema 1 kelas III semester 1 SD Negeri 3 Pamotan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...