Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Vol 3 No 4 (2022): Jurnal Applied Science in Civil Engineering

PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN TERHADAP INDUKSI K3 OLEH PERUSAHAAN SELAMA PRAKTEK LAPANGAN INDUSTRI (PLI)

Restu Yuztiscio (Universitas Negeri Padang)
Prima Zola (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2022

Abstract

Pemasalahan yang terjadi yaitu kurangnya induksi K3 baik dari mahasiswa sendiri maupun perusahaan yang bersangkutan yang berdasarkan wawancara terhadap beberapa mahasiswa 2017 yang telah melaksanakan Praktek Lapangan Industri tahun 2020-2021. Pada penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif metode kuantitatif. Pengujian pada penelitian ini dilakukan 2 kali putaran, putaran-1 yaitu dari angket uji coba instrumen dilakukan pada mahasiswa angkatan 2017 sebanyak 30 orang, sedangkan putaran-2 dari angket penelitian yang memakai uji terpakai dari angket uji coba pada mahasiswa 2017 yang telah PLI sebanyak 44 orang. Hasil penelitian pada setiap indikator yaitu pada Gambaran Umum Kegiatan K3 dengan skor 87.2% dalam kategori tinggi. Indikator Kebijakan dan Sistem Manajemen K3 dengan skor 87.5% dalam kategori tinggi. Indikator Hak dan Kewajiban K3 dengan skor 88.6% dalam kategori tinggi. Indikator Peraturan Umum K3 dengan skor 87.7% dalam kategori tinggi. Menurut hasil data di atas penilaian keseluruhan persepsi mahasiswa terhadap induksi K3 dengan skor 87.77% dalam kategori tinggi dinyatakan baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ASCE

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

Jurnal Applied Science in Civil Engineering fokus mempublikasikan artikel pada bidang Pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil. Ruang lingkup jurnal ini adalah 1. Pengembangan proses pembelajaran Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 2. Studi kurikulum pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 3. ...