Kenyataan bahwa media berupa buku belum membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran mekanika teknik. Tujuan akhir dari penelitian ini adalah mengembangkan materi pembelajaran bidang Mekanika Teknik yang berbasis video tutorial yang dibuat dengan aplikasi Adobe Premiere Pro. Dalam penelitian ini, tahapan penelitian dan pengembangan diwakili oleh model 4D, yang terdiri dari empat tahap: pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan diseminasi hasil penelitian. Instrumen yang digunakan adalah angket penilaian terhadap individu yang memiliki keahlian dalam bidang media dan materi, serta siswa. Hasil evaluasi yang dilakukan oleh validator dan siswa, khususnya evaluasi yang dilakukan oleh ahli materi 1 dengan skor 83%, dianggap termasuk kategori sangat valid. Evaluasi yang dilakukan oleh ahli materi 2 memperoleh total 86% dan dikategorikan sangat valid. Evaluasi yang dilakukan oleh ahli materi 3 mencapai total 88 persen dengan kategori sangat valid. Selain itu, evaluasi yang dilakukan oleh ahli industri media 1 memperoleh 83% dengan kategori sangat valid. Evaluasi dari ahli media kelompok kedua sebesar 84%, dengan kategori sangat valid. Evaluasi dari kelompok ahli media ketiga memperoleh 86%, dengan kategori sangat valid. Sesuai dengan evaluasi yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi, evaluasi hasil uji praktikalitas yang dilakukan oleh siswa sebesar 83%, dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penilaian secara keseluruhan dapat ditarik kesimpulan media pembelajaran video tutorial yang dihasilkan pada mata pelajaran Mekanika Teknik dengan menggunakan aplikasi Adobe Premiere Pro sangat valid dan sangat praktis..
Copyrights © 2022