Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 9, No 2 (2022): JPP PAUD Untirta

PELAKSANAAN INTERVENSI DINI BERBASIS KELUARGA BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Sistriadini Alamsyah Sidik (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Dedi Mulia (Pendidikan Khusus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Mila Vindiyani (Pendidikan Khusus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Retsa Agustina (Pendidikan Khusus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Reza Febri Abadi (Pendidikan Khusus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Neti Asmiati (Pendidikan Khusus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Yuni Tanjung Utami (Pendidikan Khusus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Toni Yudha Pratama (Pendidikan Khusus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Siti Musayaroh (Pendidikan Khusus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2022

Abstract

Di era saat ini, pembelajaran tidak hanya dilakukan secara luring namun juga secara daring dari tempat tinggal masing-masing sehingga membuat proses belajar mengajar yang sebelumnya dilakukan bersama-sama oleh guru di sekolah menjadi dilakukan oleh keluarga di rumah. Keluarga memegang kendali yang besar dalam penentuan ketercapaian program intervensi. Pada dasarnya keluarga harus memegang peran aktif dalam proses keberlanjutan program intervensi anak, Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan intervensi berbasis keluarga bagi anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini mengambil subjek penelitian 10 orang tua siswa yang memiliki anak berkebutuhan khusus di kota Serang dan 10 orangtua siswa berkebutuhan khusus di Labuan Pandeglang Banten. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, studi dokumentasi dan angket (kuesioner). Analisis hasil menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian pelaksanaan intervensi bagi anak berkebutuhan khusus berbasis keluarga kurang efektif dilaksanakan.Dalam pelaksanaannya orang tua belum paham betul dengan intervensi yang diberikan untuk anak berkebutuhan khusus di rumah. Orang tua belum memahami bagaimana cara merancang dan melaksanakan program intervensi. Selain itu aktivitas di rumah terbatas dengan fasilitas dan kondisi lingkungan belajar yang kurang mendukung. Pendampingan dari sekolah juga tidak begitu signifikan diberikan pada orang tua, sehingga berdampak pada pekembangan kemampuan anak berkebutuhan khusus.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpppaud

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Neuroscience

Description

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (JPPPAUD) is a scientific journal published by Early Childhood Teacher Education Departement (PGPAUD), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA). This journal publishes the latest articles in the fields of Early Childhood Education. ...