Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Disiplin Belajar dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Tri Jaya Medan Tahun Ajaran 2021/2022

Eva Vronika Hasugian (Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia)
Sarah Yuni Br Tarigan (Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia)
Dapot Tua Manullang (Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia)
Injen Pardamean Butarbutar (Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas VIII selama Pandemi Covid-19 Di SMP Tri Jaya Medan.Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitaf. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling (sampel acak sederhana) yaitu pengambilan sampel acak sederhana memberi kesempatan yang sama bagi setiap anggota populasi untuk menjadi sampel penelitian dengan menggunakan nomor undian. Pada penelitian ini terdiri dari 2 kelas dimana cara pemilihan sampelnya dilakukan dengan cara,peneliti memberikan kesempatan yang sama bagi setiap siswa untuk menjadi sampel penelitian dengan cara menggunakan nomor undian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh signifikan antara disiplin belajar dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Tri Jaya Medan.Hasil uji koefisien determinasi (R2) = 0,230 menunjukkan bahwa pengaruh variabel X1 dan X2 secara simultan terhadap variabel Y sebesar 23,0% sedangkan 20,6% sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan oleh peneliti dalam penelitian ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...