Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi teori belajar humanistik dalam pembelajaran aqidah akhlak kelas V MI Islamiyah Wonokitri. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai prosedur pengumpulan data. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan triangulasi sumber. Subjek penelitianya adalah kepala madrasah, guru pelajaran akidah akhlak dan siswa/siswi kelas V Mi Islamiyah Wonokitri. Tahap-tahap penelitian meliputi tahap pra lapangan, tahap pekerja lapangan, dan tahap analisis data. Hasil penelitian menunnjukkan bahwa implementasi teori belajar humanistik dalam pembelajaran akidah akhlak kelas V Mi Islamiyah wonokitri yaitu: pada tahap perencanaan a) guru menentukan materi pembelajaran yang akan disampaikan untuk siswa. b) guru menentukan tujuan pembelejaran yang akan dicapai dalam pembelajaran. c) mengidentifikasi kemampuan siswa terkait materi yang akan diberikan. d) menyediakan fasilitas berupa sumber belajar dan sarana belajar seperti lingkungan dan buku. e) membimbing siswa untuk dapat memahami materi pembelajaran yang disampaikan. f) mengevaluasi siswa diakhir pembelajaran untuk mengetahui kemampuan perkembangan siswa dalam menguasi materi pembelajaran. pada tahap pelaksanaan a) kegiatan dimulai dengan melakukan shholat dhuha berjamaah yang dilakukan setiap pagi. b) metode belajar yang digunakan pada dasarnya bertujuan untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan. c) guru berperan sebagai fasilitator dan motivator. d) faktor yang mendukung pembelajaran yaitu lingkungan dan sumber belajar. e) faktor yang menghambat proses pembelajaran humanistik adalah kurangnya sarana dan prasarana belajar. pada tahap evaluasi implementasi teori belajar humanistik. Evaluasi dilaksanakan dengan memperhatikan tiga aspek yaitu, pengetahuan, sikap dan keterampilan. Evaluasi dilakukan diakhir pembelajaran dan juga waktu ujian tengah semester, dan ujian akhir tahun.
Copyrights © 2022