Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema Organ Gerak Manusia di Kelas V SD

Diwara Ayunda (Universitas HKBP Nommensen)
Minar Lumbantobing (Universitas HKBP Nommensen)
Lasma Siagian (Universitas HKBP Nommensen)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Organ Gerak Manusia Di Kelas V Sd Negeri 091263 Karang Sari Tahun Ajaran 2022/2023. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest Posttest. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental (pra-eksperimental design) yang terdiri dari kelas eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dan sampel yang digunakan adalah 30 orang siswa pada SD Negeri 091263 Karang Sari. Teknik sampel yang digunakan yaitu sampling random dengan dua variabel penelitian yaitu: variabel terikat berupa hasil belajar siswa, serta variabel bebas berupa metode Demonstrasi. Teknik pengumpulan data yaitu teknik tes. Hasil pengujian hipotesis menggunakan teknik uji-t peried sample t tes dengan bantuan program SPSS versi 21, berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa setelah diketahui nilai t_hitung 5,784. Dengan frekuensi (dk) sebesar 30-1= 29 pada taraf signifikansi a = 0,05 maka diperoleh t_tabel 2,04. Maka diperoleh t_hitung > t_tabel 5,784 > 2,04. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Maka ada pengaruh dalam penggunan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran tema 2 organ gerak hewan dan manusia subtema 1 organ gerak manusia di SD Negeri 091263 Karang Sari.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...