Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 5 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa di SMP Negeri 2 Tapian Dolok

Rezesa Febiola Simanjuntak (Universitas HKBP Nommensen)
Lois Oinike Tambunan (Universitas HKBP Nommensen)
Golda Novatrasio Sauduran (Universitas HKBP Nommensen)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di SMP Negeri 2 Tapian Dolok. Penelitian ini dilatarbelakangi dari kurang kurangnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII dalam pembelajaran matematika yang akan mempengaruhi hasil belajar dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning (pbl) akan membuat siswa mampu belajar bermakna karena berorientasi kepada masalah yang dapat membangun pemahaman konsep matematis siswa dengan memecahkan masalah tersebut. Siswa juga akan belajar dengan aktif, dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan menumbuhkan inisiatif siswa dalam bekerja kelompok. Penelitian ini menggunakan metode Pre-experimental dengan desain penelitian yaitu One-group Pretest and Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 30 siswa pada kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis berupa soal uraian sebanyak 5 soal pretest dan 5 soal posttest. Dari hasil analisis data dengan menggunakan rumus Kolmogorov-Smirnov,diperoleh maka data dinyatakan berdistribusi normal. Uji-t dilakukan dengan uji Paired Sample T-tes dengan hasil perhitungan uji-t diperoleh bahwa terdapat perbedaan signifikan rata-rata nilai pretest (M = 5,333, SD = 2,249) dengan rata-rata nilai posttest yang diperoleh setelah proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dilakukan (M = 9,8667, SD = 4,006). Berdasarkan hasil uji-t diperoleh bahwa thitung bernilai 10,794 sedangkan ttabel sebesar 2,054. Karena 10,794 > 2,054 maka thitung > ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di SMP Negeri 2 Tapian dolok.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...